BAGAIMANA CARA KERJA AC SPLIT DUCT DALAM MENGALIRKAN UDARA DINGIN

Apakah kau pernah merasa heran ketika berprofesi di kantor yang begitu dingin, meski tak menonjol AC-nya? Rahasianya yaitu AC Split Ducting! AC Ducting yaitu metode AC yang mengatur peredaran udara secara menyeluruh, dengan melihat distribusi udara yang baik dan mutu udara yang maksimal. Dalam pemilihan AC ducting, kau mempunyai kebebasan untuk mendesain metode AC cocok dengan kebutuhan ruangan, termasuk temperatur yang diharapkan, aliran udara yang diharapkan, tingkat filtrasi udara, serta tampilan yang cocok dengan interior ruangan. Lalu bagaimana metode kerja AC split duct dalam mengalirkan udara dingin?

Berikut metode kerja dari AC Split Duct dalam mengalirkan udara dingin :
VRV/VRF (Outdoor Unit): Ini yaitu unit luar yang yaitu pusat pendinginan dalam metode. VRV (Variable Refrigerant Volume) atau VRF (Variable Refrigerant Flow) yaitu metode yang memakai refrigerant untuk mengatur temperatur udara. Outdoor unit ini berfungsi untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin.

Klik tautan dibawah ini untuk mengenal perbedaan metode VRF dengan VRV pada AC Daikin :
https://acwahana.com/news/rinci/telah-pada-tau-perbedaan-metode-vrv-dengan-vrf-pada-ac-daikin

Pada outdoor unit, refrigerant akan mengalami perubahan tekanan dan temperatur melewati kompresor, kondensor, katup ekspansi, dan evaporator. Cara ini akan menjadikan udara dingin yang kemudian akan dialirkan ke unit dalam (indoor unit).

Ceiling Mounted Duct (Indoor Unit): Ini yaitu unit dalam yang dipasang di langit-langit ruangan yang akan dikasih pendinginan. Udara dingin yang diciptakan oleh outdoor unit dialirkan melewati saluran ducting ke unit dalam ini. Unit dalam ini mempunyai sirip-sirip yang berlokasi di permukaan pertukaran panasnya. Sirip-sirip ini menolong meningkatkan zona permukaan pertukaran panas, sehingga udara yang melewati bisa lebih efisien dalam meresap panas dari ruangan.

Klik tautan dibawah ini untuk mengenal bagian Outdoor dan Indoor pada AC :
https://acwahana.com/news/rinci/udah-tahu-belum-bagian-indoor-dan-outdoor-pada-ac

Saringan: Udara yang melewati unit dalam (indoor unit) akan melewati saringan secara khusus dulu. Saringan ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel seperti debu, serbuk, bulu hewan, dan zat-zat partikel lainnya. Tujuannya yaitu untuk menjaga mutu udara yang masuk ke dalam ruangan. Saringan yang kotor bisa mengurangi efisiensi pendinginan dan menyebabkan penurunan mutu udara di dalam ruangan. Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan atau mengganti saringan secara terstruktur .

Klik tautan dibawah ini untuk mengenal perawatan dan pemilihan saringan AC yang ideal :
https://acwahana.com/news/rinci/mengenal-saringan-ac-:-pentingnya-perawatan-dan-pemilihan-yang-ideal

Main Duct dan Flexible Duct: Main duct yaitu saluran utama yang membawa udara dingin dari unit dalam (indoor unit) ke bermacam-macam titik dalam ruangan. Duct ini lazimnya terbuat dari bahan yang kokoh seperti logam atau bahan isolasi khusus. Main duct mempunyai diameter yang lebih besar ketimbang duct yang lebih kecil, dan berfungsi sebagai penghubung antara unit dalam dan outlet udara di ruangan.

Selain main duct, ada juga flexible duct yang diaplikasikan dalam metode AC ducting. Flexible duct terbuat dari bahan yang fleksibel dan lentur sehingga memungkinkan penyesuaian posisi yang lebih mudah. Fleksibilitas ini berguna ketika mengalirkan udara ke zona yang sulit dijangkau oleh main duct, atau ketika memerlukan penyesuaian posisi yang lebih jitu untuk supply atau return air.

Supply dan Return Output: Aliran udara dingin yang mengalir di dalam main duct atau flexible duct akan mengarah ke supply output. Supply output yaitu titik di mana udara dingin keluar dari saluran dan dialirkan ke ruangan untuk mendinginkan temperatur udara. Di sisi lain, udara kembali (return air) dialirkan melewati return output, yang menasihati udara kembali ke unit dalam (indoor unit) untuk diproses kembali. Udara kembali mengandung panas dan zat-zat partikel yang perlu dihilangkan atau disaring sebelum progres pendinginan ulang.

Dalam metode AC ducting, udara panas dalam ruangan dihisap ke unit dalam (indoor unit), kemudian melewati saringan untuk pemfilteran, lalu dialirkan melewati main duct atau flexible duct. Udara dingin yang diciptakan oleh outdoor unit (VRV/VRF) dialirkan melewati ducting dan kemudian keluar melewati supply output untuk mendinginkan ruangan. Udara kembali dialirkan melewati return output untuk diproses kembali. Dengan demikian, metode ini menjaga temperatur ruangan tetap nyaman dan menyediakan peredaran udara yang baik di segala bangunan.

Klik tautan dibawah ini untuk melihat harga produk AC Split Duct murah kami :
https://acwahana.com/products/jual-ac-duct

Dilihat dari metode operasinya, beberapa besar pengguna jasa pemasangan AC ini yaitu gedung-gedung bertingkat, industri, cafe, hingga rumah tinggal. Metode kerja terkonsentrasi tak hanya lebih mudah dipasang, namun juga jauh lebih ekonomis. Tidak perlu menanggung tarif pemasangan yang mahal seperti pemasangan AC lazim.

Salah satu kelemahan dari metode ini yaitu kurangnya fleksibilitas dalam pengontrolan temperatur. Temperatur udara dipasang melewati titik pusat, tak bisa diubah suhunya cocok dengan ruangan sehingga bagi kau yang berminat untuk memasang ac ducting, kau perlu melihat tata letak pipa aliran udara (duct) sehingga kau bisa mengatur temperatur ruangan secara baik dan jitu cocok dengan keinginan kau.

Berikut Figur dari pemasangan AC Split Duct yang telah kami kerjakan :
https://acwahana.com/projects/rinci/bri-menara-jenius

Untuk Kabar dan bantuan lebih lanjut bisa hubungi kami di WA, Email atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top