Resep Kue Basah Bika Ambon Khas Medan Dan Cara Membuatnya

0
1128
views
sumber: google.co.id

Anda sedang berkeinginan mencoba mempraktekkan salah satu resep kue basah? Bika ambon khas Medan bisa menjadi alternative resep untuk anda coba. Indonesia memang Negara yang sungguh-sungguh kaya akan kulinernya karena setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing. Tidak cuma makanan berat karena hampir setiap daerah juga memiliki jajanan tardisional masing-masing, bagus kue kering ataupun kue basah. Seperti kota Medan seumpama. Medan memiliki salah satu jajanan tradisional yang telah populer adalah bika ambon. Tidak cuma populer di Medan, salah satu kue basah khas Medan ini juga telah populer di luar Medan.
Selain itu, Bika ambon ini juga banyak disukai orang karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dan nikmat. Nah bagi anda yang berminat untuk mencoba membikin kue basah yang satu ini, anda bisa menyimak bagus-bagus resep kue basah bika ambon berikut ini.
Bahan
• Tepung terigu halus 50 gr
• Ragi siap saji ½ sdt
• Tepung sagu 100 gr, diayak
• Telor ayam 10 butir, ambil kuningnya
• Telor ayam 2 butir, ambil putihnya
• Santan kelapa kental 200 ml
• Gula pasir halus 200 gr
• Daun pandan 2 lembar, rebus
• Daun jeruk 2 lembar
• Air putih 50 ml
• Minyak goreng secukupnya
Sistem Membuat Kudapan Basah Bika Ambon Khas Medan
1. Pertama-tama, siapkan sebuah wadah berukuran sedang untuk diterapkan membikin adonan. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah lalu ragi instan. Tambahkan air lalu aduk hingga adonan merata dengan bagus. Biarkan selama kurang lebih 15 menit supaya adonan mengembang.
2. Masukkan putih telor, kuning telor dan juga gula pasir yang halus ke dalam adonan. Aduk terus hingga segala adonan tercampur rata dan menjadi kental. Tambahkan juga tepung sagu ke dalam adonan lalu tuang santan kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Lakukan hingga santan habis dan segala adonan tercampur rata dan kalis.
3. Sesudah itu, daun jeruk dan daun pandan dimasukkan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata. Setelahnya bagian atas adonan ditutup menggunakan bahan yang halus lalu diamkan selama kurang lebih 10 jam supaya adonan mengembang.
4. Selanjutnya siapkan Loyang lalu olesi menggunakan minyak goreng. Adonan bika yang telah jadi kemudian dituang ke dalam Loyang lalu dipanggang di dalam oven hingga benar-benar matang. Pastikan adonan ditutup dengan sedikit celah supaya ada sedikit uap.
5. Biarkan hingga adonan menjadi matang dan warnanya menjadi kuning kecokelatan. Sesudah itu, angkat lalu diamkan beberapa dikala supaya dingin.
6. Potong-potong bika ambon layak selera dan tata di atas piring saji.
7. Bika ambon khas Medan siap disajikan.
Demikian resep kue basah berupa bika ambon yang adalah salah satu jajanan tradisional khas Medan. Selamat mencoba resep bika ambon ini

 

Sumber: masakannusantara.xyz