Cara Cek dan Cara Mendapatkan Sertifikat MCU Pelaut

0
43
views
sumber: google.co.id

Sertifikat MCU pelaut merupakan sertifikat Medical Check Up untuk pelaut. Memiliki sertifikat MCU merupakan hal secara khusus untuk memenuhi persyaratan kesehatan yang pantas dengan jabatan masing-masing. Bahkan tiap-tiap pelaut yang ingin naik kapal diwajibkan cek kesehatan secara khusus dahulu.
Cara mengecek status Sertifikat MCU Pelaut
Sertifikat MCU merupakan sertifikat yang harus dikuasai dan dimiliki oleh para pelaut sebelum berprofesi di kapal. Kalau pelaut telah check up, nantinya akan mendapat sertifikat kesehatan dengan lambang Garuda.
Sertifikat ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk mengetahui situasi terkini dari para pelaut. Sertifikat MCU ini sangat penting guna dapat mencegah penyakit yang akan menyebar di lingkungan kerja.
Sebagai pelaut, memiliki sertifikat MCU yang aktif sangatlah penting. Bahkan di era digital seperti ini semuanya telah dikasih kemudahan, salah satunya merupakan mengecek status sertifikat MCU.
Bahkan hanya dengan menerapkan 10 digit kode pelaut, para pelaut telah dapat mengetahui status sertifikat MCU yang mereka miliki. Berikut sistem memandang sertifikat MCU pelaut:
• Masuk ke laman legal BKKP Dephub atau dapat juga menerapkan aplikasi legal BKKP
• Masukkan 10 digit kode pelaut
• Beri pedoman centang di kolom captcha
• Klik bagian “cek sertifikasi”
• Tunggu beberapa dikala, maka status sertifikat MCU akan keluar
Syarat-persyaratan menerima Sertifikat MCU Pelaut
Bagi pelaut pemula dan baru berprofesi di kapal atau yang ingin melamar lowker pelaut, sangat penting untuk memiliki sertifikat MCU. Jadi itulah sebabnya meregistrasikan diri secara khusus dahulu merupakan hal yang paling utama.
Sama halnya seperti pembuatan sertifikat lain, untuk membuat sertifikat MCU dibutuhkan beberapa dokumen harus sebagai persyaratan seperti:
• 1 lembar fotokopi sertifikat BST
• 1 lembar fotokopi KTP
• 2 lembar tepat foto berwarna 3×4
• 2 lembar tepat foto berwarna 4×6

  • Untuk Deck, background warna biru
  • Untuk Engine, background warna merah
    • Sediakan juga softcopy untuk tiap-tiap dokumen di atas dan simpan di dalam CD atau flash disk untuk persiapan.
    Variasi aplikasi untuk cek status sertifikat MCU
    Karena laman BKKP tak jarang mengalami gangguan. Ketika ini Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyediakan sebuah aplikasi dengan nama Balai Kerja Pelayaran (BKKP) Mobile.
    BKKP Mobile ini merupakan sebuah aplikasi layanan yang disediakan khusus oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut DIRJENHUBLA. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar pelaut kian dipermudah.
    Tak hanya memeriksa status sertifikat MCU secara online. Di aplikasi ini juga para pelaut dapat menerapkannya sebagai daerah registrasi pembuatan sertifikat MCU.
    Dengan hadirnya BKKP Mobile, diinginkan para pelaut akan kian dipermudah dalam mengecek sertifikat. Serta melaksanakan registrasi online bagi pelaut pemula untuk cek di klinik BKKP nantinya.
    Jadi itulah tadi sedikit kabar mengenai sertifikat MCU pelaut beserta beberapa penjelasannya yang sangat penting bagi pelaut pemula. Beratensi berprofesi di atas kapal? Anda dapat mengajukan diri untuk melamar lowongan yang tersedia di semua Indonesia.