Tips Memilih Baju Seragam Taekwondo Yang Nyaman Digunakan

0
157
views
sumber: google.co.id

Seragam taekwondo identik dengan warna putih. Taekwondo yaitu salah satu olahraga bela diri yang memerlukan kelincahan dalam bergerak. Gerakan-gerakan taekwondo sendiri lebih banyak melaksanakan tendangan dan putaran.
Olahraga taekwondo memerlukan seragam yang tak main-main untuk mensupport kelincahannya. Banyak hal yang semestinya dilihat sebelum memilih pakaian seragam. Seperti warna, ketebalan, ukuran, jahitan, dsb.
Kiat Memilih Pakaian Seragam Taekwondo Yang Nyaman Diaplikasikan

  1. Jahitan Seragam
    Jahitan pakaian taekwondo perlu dilihat bagus-bagus, sebab hal ini bisa memberi pengaruh kelincahan bergerak. Jahitan pakaian semestinya kuat supaya tak gampang sobek saat melaksanakan lomba maupun sedang berlatih.
    Gerakan-gerakan taekwondo memerlukan kekuatan yang ekstra. Apabila jahitan pakaian tak kuat karenanya pakaian seragam akan gampang sobek. Hal ini tentu bisa mengganggu fokus pemakainya.
  2. Ketebalan Kain Seragam
    Kain seragam yang terlalu tebal akan membikin pemakainya merasa panas dan gerah. Meski, kain yang ringan akan terasa sejuk dan nyaman digunakan. Melainkan, kain yang ringan tak akan bendung lama sekiranya dipakai, berbeda dengan kain yang tebal. Memilih seragam taekwondo juga dapat dibantu oleh pelatih taekwondo. Sehingga tak akan salah dalam menetapkan ketebalan kain maupun warna kainnya.
    Ketebalan kain seragam dibagi menjadi 3, yang masing-masing dibedakan dengan tahapan pemakainya. Ragam pertama seberat 5-6ons, kedua 7-9ons, dan ketiga 10 ons ke atas. Hati-si kecil dan pemula umumnya menerapkan kain yang paling ringan.
  3. Warna Pakaian dan Sabuk
    Seragam berwarna hitam putih dipakai untuk para atlet yang baru belajar taekwondo. Para pelatih taekwondo umumnya menerapkan seragam berwarna hitam. Kecuali pakaian seragam yang mempunyai perbedaan warna, sabuk taekwondo juga ada sebagian warna.
    a. Sabuk putih
    Sabuk taekwondo untuk para pemula lazimnya berwarna putih. putih dalam hal ini melambangkan bibit atau masa permulaan dalam latihan taekwondo.
    b. Sabuk kuning
    Kuning membuktikan sang surya yang akan memberikan tenaga pada bibit-bibit. Kuning berada pada tahapan kedua artinya kehidupan permulaan yang baru.
    c. Sabuk hijau
    Hijau melambangkan bibit-bibit yang sudah disinari mulai tumbuh dan timbul ke permukaan bumi.
    d. Sabuk merah
    Merah melambangkan bibit yang tumbuh menjadi tanaman sekarang mulai menikmati panasnya cahaya sang surya terik. Para atlit mulai siap untuk mendapatkan tantangan dan ujian baru. Melainkan mereka juga perlu hati-hati sebab pasti akan menghadapi banyak ujian.
    e. Sabuk hitam
    Hitam melambangkan kegelapan dan mulai mencari bibit baru untuk dibesarkan lagi. Para atlet sabuk hitam umumnya akan terus belajar banyak teknik baru sedangkan telah mempunyai ilmu tinggi.
  4. Memilih Ukuran
    Sebelum membeli seragam taekwondo, pastikan kau memilih ukuran yang pas. Ukuran seragam taekwondo bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh. Melainkan jangan terlalu tepat menyusun tubuh, usahakan membeli pakaian seragam yang longgar.
    Seragam yang longgar akan menyusun akan supaya dapat bergerak lebih lincah. Seragam terdiri dari 3 komponen yakni atasan, bawahan, dan ikat pinggang. Format seragam taekwondo di semua dunia sama.
  5. Celana Seragam
    Beberapa besar gerakan taekwondo merupakan tendangan sehingga celana yang digunakan juga semestinya dilihat. Pastikan bahwa celana mengaplikasikan karet sehingga elastis dan tak perlu waktu lama untuk menerapkan atau melepasnya.
    Celana juga dapat dilengkapi dengan tali pinggang supaya lebih pesat dan tak gampang melorot. celana tak boleh ketat agar lebih leluasa bergerak melaksanakan tendangan. Usahakan saat menerapkan tali pinggang jangan terlalu pesat supaya tak sakit perut.
    Itulah review sebagian kiat dalam memilih pakaian seragam taekwondo. Jangan hingga salah saat akan membeli pakaian taekwondo sebab seragam bisa memberi pengaruh kelincahan bergerak.

Sumber: henryadams.co.id