Tips Membersihkan Lumut Pada Tangki Air Pemanas Air Tenaga Solar

0
322
views
sumber: google.co.id

Dalam pemakaian Pemanas air tenaga solar pastinya Anda akan mengalami tangki air yang lumutan sebab sering kali digunakan menampung air. Hal tersebut sudah wajib diselesaikan dengan metode yang benar dan ideal. Tapi pada kenyataannya banyak yang kesulitan membersihkannya. Karena sebagai musuh dari tangki air berbahan plastik, membersihkan lumut tersebut tak boleh ada kesalahan.
Kiat Membersihkan Lumut Pada Tangki Air Pemanas Air Tenaga Solar

  1. Ketahui Penyebab Tangki Lumutan
    Tapi menyebabkan tangki air lumutan tak cuma sebab satu hal saja, namun pastinya ada sebagian penyebab. Selain Anda wajib mengetahui lebih dahulu apa sebetulnya penyebab lumut pada tangki tersebut, agar lebih gampang untuk mengetahui metode memecahkannya.
    Ada sebagian jenis penyebab lumut timbul pada tangki air, yaitu sinar sang surya yang menyinari tanaman tersebut sehingga tumbuh subur. Mengaplikasikan itu posisi tangki yang salah dan tangki tembus sinar bisa menjadi penyebab lainnya. Pada intinya penyebab lumut menjadi lebat yaitu terkenanya tangki secara seketika dengan sinar sang surya.
  2. Mengaplikasikan Sabun Cuci Piring
    Tapi terpikirkan untuk mencuci wadah yang lumutan lazimnya mencucinya dengan sabun. Oleh sebab itu, coba Anda praktikkan mencuci tangki air solar water heater dengan sabun cuci piring dan menggunakan sikat yang bisa menjangkaunya. Gosok seluruh bagian yang bisa dicuci lalu setelah itu dibilas atau dikuras sampai bersih.
  3. Mengaplikasikan Air Panas
    Mungkin cuma dengan sabun cuci kurang cukup untuk membasmi lumut secara keseluruhan, karenanya coba Anda gunakan air panas. Dengan membasuh seluruh bagian yang berlumut dengan air panas lalu konsisten dicuci juga dengan air sabun dan disikat dan dibilas lagi dengan air awam maupun air panas. Karena ini mungkin bisa lebih baik dari sebelumnya.
  4. Opsi Campuran Air Garam
    Mencoba campuran air garam yang diaduk dan dimasukkan ke dalam tangki tak ada salahnya untuk dicoba. Karena, dipercaya seperti bahan ini memang bisa membersihkan sesuatu yang kotor seperti sejenis lumut tersebut.
  5. Kaporit
    Bahan kaporit sebetulnya salah satu yang digunakan untuk membersihkan air kolam renang. Ada bagusnya dicoba juga untuk membersihkan tangki tersebut dengan sebaik-bagusnya.
  6. Cuka Putih
    Macam lain untuk menyelesaikan lumut pada tangki pemanas air tenaga sang surya yaitu cuka putih. Cara wajib bahan tersebut, sebab cuka memang diketahui dengan kelebihan bisa membersihkan sesuatu yang kotor. Caranya masih sama dengan bahan lain yaitu mencampurkan dengan air bersih dan disiramkan ke tangki dan disikat lalu bilas.
  7. Pemutih
    Apabila yang satu ini yaitu pemutih yang awam digunakan pada cucian pakaian. Caranya dengan melarutkan pemutih pakaian dengan air bersih dan siramkan pada bagian tangki air dan sikat dengan kuat sampai lumut lepas.
  8. Air kapur
    Dengan air kapur pun Anda masih bisa bereksperimen untuk membersihkan tangki air yang lumutan. Untuk bahan yang terakhir ini sedikit berbeda caranya, yaitu dengan menyiramkan campuran air kapur ke dalam tangki yang ada lumutnya namun jangan seketika dibilas. Diamkan atau rendam selama sehari semalam, barulah keesokan harinya Anda coba sikat dahulu baru dibilas dengan air sampai bersih.
    Karena Mencegah Tangki Air Lumutan
    Berdasarkan Anda merasa berat untuk sering kali-sering kali membersihkan tangki air yang agak menyulitkan, karenanya lebih baik dicoba untuk mencegah agar tak terjadi lumutan seperti itu. Caranya tak sulit, yaitu cuma dengan tangki dicat warna gelap atau hitam, dikuras secara terprogram , diletakkan di tempat yang ideal jauh dari jangkauan sinar sang surya. Selain apabila seluruh usaha tak sukses karenanya Anda lebih bak mencoba membeli tangki air anti lumut.
    kiat di atas ternyata apabila metode di atas cukup ampuh untuk menyelesaikan tangki air yang lumutan dan sulit dibersihkan. Dengan demikian itu, tak akan memberi pengaruh air yang berada dalam tangki pemanas air tenaga solar tersebut. Dengan metode-metode tersebut karenanya membersihkan tangki bisa lebih efisien dan hemat tenaga namun terjamin bersih.

Sumber: intisolarsurabaya.com