Sejarah Pemanas Air Tenaga Surya (Solar Water Heater)

0
1186
views
sumber: google.co.id

Solar water heater atau diketahui sebagai cara pemanas air dengan memanfaatkan energi surya sebetulnya telah semenjak lama dipakai. Berdasarkan catatan, kolektor surya telah dipakai di Amerika Serikat dari tahun 1900 dengan format tangki bercat hitam yang dipasangkan di atap rumah-rumah.
Sebelumnya pada tahun 1986, Clarence Kemp of Baltimore dari Amerika Serikat menutup tangki air dengan menggunakan kotak kayu dan terciptalah pemanas air batch untuk pertama kalinya. Meski kolektor pemanas air energi surya dipakai semenjak tahun 1920 di California Selatan dan Florida, tapi pemanas air semacam ini baru populer pada tahun 1960 di Amerika Utara terutama setelah terjadi krisis minyak di tahun 1973.
Sejarah pemanas air energi surya di beragam tempat
• Di Mediterania
Negara pemakai pemanas air energi surya pertama per kapita terbanyak merupakan Israel dan Siprus. Ada sekitar 30 persen hingga 40 persen lebih pengguna rumah tangga yang memanfaatkan cara pemanas air ini. Metode pemanas air energi surya pelat datar kian disempurnakan dan banyak dipakai di Israel. Namun di tahun 1950 terjadi krisis kekurangan bahan bakar di Israel yang membikin pemerintah melarang masyarakatnya memanaskan air di sekitar jam 10.00-06.00.
Pada ketika itu Levi Yissar membikin prototipe pemanas air energi sang surya yang pertama di Israel. Pada tahun 1953 walhasil ia meluncurkan perusahaan produsen pemanas air energi surya komersial yang pertama di Israel. Israel pun menjadi pemimpin dunia dalam pemanfaatan pemanas air energi surya setelah pada tahun 1980, Knesset Israel meresmikan undang-undang yang mengharuskan semua rumah baru memasang pemanas air bertenaga surya, selain pada bangunan jika luas atap tak cukup.
• Asia Pasifik
Pemakaian pemanas air energi sang surya tumbuh kencang dari tahun 1960 berkat cara yang dijual oleh Australia dan Jepang membikin kemudahan dan peningkatan kinerja cara hal yang demikian. Selain itu, instalasi pemanas air energi solar ini juga diharuskan pada Negara-negara dengan kelimpahan cahaya sang surya banyak seperti Jepang, Mediterania, dan Australia.
Di Kolombia, terdapat industri pengembangan solar water heater yang didesain oleh Las Gaviotas. Metode yang didesain oleh tim Gaviotas sangatlah sukses dan ditawarkan pada tahun 1984 dengan garansi selama 25 tahun. Ada lebih dari 40 ribu cara pemanas air energi sang surya walhasil terpasang dan itu semua masih berfungsi hingga seperempat abad kemudian.
Kemudian sejarah pemanas air energi surya juga berkembang di daratan China. Teladan pemanas air solar dasar dihargai 1.500 yuan atau sebesar 235 US Dollar. Harga ini jauh lebih murah diperbandingkan dengan cara pemanas yang ada di Negara barat. Berdasarkan catatan, paling tak ada sekitar 30 juta rumah tangga di China yang memasang setidaknya 1 unit cara solar water heater.

 

Sumber: intisolar.com