Rawat Spons Cuci Piring Tetap Steril Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

0
48
views
sumber: google.co.id

Spons yang diterapkan untuk mencuci piring perlu dibersihkan dan juga dirawat yakni salah satunya menggunakan air panas yang berasal dari pemanas air tenaga surya. Fungsi utama spons cuci piring yakni untuk membersihkan alat-alat dapur atau masak atau alat-alat makanan dan minuman yang kumal atau pasca gunakan makan.
Hal ini membuat spons cuci piring rawan menyimpan bakteri maupun bakteri bekas sisa-sisa makanan. Meski hal yang senantiasa menjadi perkiraan yakni alat-alat makanan atau minuman maupun alat-alat dapur menjadi bersih dan steril kembali sehingga aman diterapkan sebagai wadah makanan atau minuman yang akan di konsumsi.
Tak hanya itu, sesekali penyimpanan spons yang tidak ideal dapat menyebabkan spons berbau tidak sedap. Oleh karena itu, langkah-langkah merawat spons yang baik dan benar agar tetap terjamin kebersihannya dan terhindar dari aroma yang tidak sedap, karenanya Anda perlu melihat hal-hal berikut.
Metode merawat spons cuci piring dengan pemanas air tenaga surya

  1. Rutin Mencuci Spons
    Mencuci spons patut dijalankan dengan sistem yang benar agar dapat menghilangkan bakteri secara optimal. Anda dapat merendam spons dengan air panas yang berasal dari solar water heater bersama dengan larutan sabun yang terdapat kandungan antibakteri. Pastikan seluruh permukaan spons terendam dengan sempurna.
    Lakukan cara kerja perendaman dengan larutan sabun selama 5-10 menit sampai larutan sabun mulai kelihatan kumal. Ini berarti bakteri dan kotoran sudah terpisah dengan permukaan spons. Setelah itu bilaslah spons dengan air bersih yang mengalir.
    Kecuali itu, Anda juga dapat menggunakan larutan cuka untuk merendam spons. Sama seperti menggunakan larutan sabun, rendamlah spons selama 5-10 menit. Cara perendaman ini bermanfaat untuk mensterilkan spons sehingga alat-alat makan atau alat-alat dapur aman untuk diterapkan sesudah dicuci.
  2. Mengeringkan Spons
    Setelah dicuci bersih dengan melaksanakan cara kerja perendaman tersebut, hal yang dijalankan selanjutnya yakni mengeringkan spons di bawah sinar matahari. Mengeringkan spons di bawah sinar matahari secara langsung memberikan cara kerja pengeringan yang pesat dan sempurna menyeluruh sampai bagian terdalam spons.
  3. Menaruh Spons pada Tempat yang Ideal
    Penyimpanan spons yakni hal yang penting. Tempat penyimpanan spons yang baik dan benar yakni di tempat yang kering. Setelah menggunakan spons untuk mencuci letakkan spons di tempat yang tidak kering dan akan lebih baik terdapat tempat filter agar kandungan air spons dapat ter tiriskan.
    Jangan sampai membiarkan spons tetap berair karena hal ini dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap dan menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri. Lebih-lebih lagi sifat spons yang dominan berair karena senantiasa diterapkan untuk mencuci. Karenanya dari itu pengaplikasian air panas dari pemanas air tenaga matahari amat dibutuhkan.
    Itulah beberapa sistem yang dapat dijalankan untuk merawat spons cuci piring agar tetap higienis dan aman untuk diterapkan dengan merendam spons menggunakan air panas dari pemanas air tenaga surya.

Sumber: intisolar.com