Pemanas Air Tenaga Matahari vs Kompor, Mana yang Lebih Baik?

0
156
views
sumber: google.co.id

Sebagian orang mungkin keder untuk memanaskan air dengan pemanas air energi sang surya atau merebusnya awam. Ada yang memilih untuk menggunakan kompor saja karena keperluan untuk air panas juga tidak terlalu banyak.

Akan namun ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan pemanas air energi surya karena memang lebih tepat sasaran dan efisien. Oleh karena itu berikut ialah sebagian alasan kenapa Anda bisa lebih memilih untuk menggunakan pemanas air energi surya ketimbang menggunakan kompor seperti awam.

Alasan pilih pemanas air energi sang surya ketimbang kompor

1.            Lebih aman

Sekarang, kebanyakan dari metode yang diterapkan oleh pemanas air energi solar telah menggunakan metode keamanan yang bagus. Salah satunya ialah dengan menggunakan dua tangki penyimpanan air dingin dan air panas secara terpisah. Bahkan ini membikin air panas yang telah dipanaskan akan disalurkan menggunakan pipa sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengambilnya sendiri. Dimana hal ini telah pasti berbeda sekiranya Anda menggunakan kompor.

Kompor yang Anda pakai hal yang demikian tidak mempunyai pengaman, jadi bisa saja Anda juga lupa untuk mematikan kompor tersebtu. Kecuali itu, Anda juga perlu membawa sendiri air panas dari panci ke kamar mandi. Bahkan ini tentunya cukup beresiko air panas akan tumpah dan mengenai Anda.

2.            Lebih praktis

Pemanas air energi solar telah pasti akan lebih praktis penerapannya dibandingi dengan kompor. Anda cuma perlu menyalakan sistemnya dan nantinya akan bekerja sendiri untuk memanaskan air. Temperatur Anda juga bisa secara lantas menggunakan air panas dari tangki penyimpanan tanpa patut menunggu lagi.

Bahkan ini telah pasti berbeda sekiranya dibandingi dengan memanaskan air menggunakan kompor. Dimana Anda patut menunggu sebagian menit untuk air menjadi panas atau mendidih. Belum lagi Anda patut memindahkannya sendiri dan mencampurkannya lagi dengan air dingin. Tentunya akan cukup memakan banyak waktu dan juga merepotkan.

3.            Meski air

Mandi menggunakan air hangat mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh ialah memberikan efek rileks dan juga menenangkan. Akan namun mandi dengan air hangat memang patut dilakukan dengan suhu yang ideal. Hindari untuk mandi dengan air hangat dengan suhu yang terlalu tinggi. Bahkan Anda menggunakan solar water heater karenanya suhu air panas yang kelaur bisa Anda atur sesuai dengan kemauan. Sehingga mandi juga akan lebih aman dan nyaman.

 sekiranya Anda menggunakan kompor, suhu air panas hal yang demikian tidak bisa Anda atur. Untuk mengetahui suhunya Anda juga patut mengeceknya secara manual menggunakan termometer. Dimana hal ini juga cukup merepotkan. Temperatur suhu air panas yang mendidih di atas kompor juga tidak mempunyai ukuran suhu yang konstan atau ideal.

 tulisan mengenai alasan kenapa patut memilih menggunakan pemanas air energi sang surya.

Sumber: intisolarsurabaya.com