Pemanas Air Tenaga Matahari Susah Awet? Ikuti Tips Ini!

0
231
views
sumber: google.co.id

Mengerjakan perawatan pada pemanas air energi sang surya merupakan hal yang penting dijalankan secara rutin. Tujuannya tentunya saja untuk membikin cara kerja dari mesin pemanas hal yang demikian dapat berprofesi dengan optimal. Kecuali itu dengan Anda menjalankan perawatan juga meminimalisir mesin lebih pesat rusak dan konsisten dapat dipakai dalam rentang waktu yang lama. Berikut merupakan sebagian kiat yang dapat Anda lakukan untuk merawat pemanas air bertenaga sang surya Anda.

Kiat pemanas air energi sang surya supaya lebih awet

1.            Pakai air bersih

Idealnya air yang dipakai untuk pemanas air energi solar merupakan air yang baku atau bersih. Air yang baku hal yang demikian seperti tak mengandung garam, kapur, pasir, lumpur sampai batu. Selain ini dikarenakan apabila memakai air yang kumal karenanya akan menyumbat saluran air di rumah Anda.

Kecuali itu air yang kumal juga akan merusak tangki penyimpanan pemanas air bertenaga sang surya Anda. Kotoran yang ada pada air akan memungkinkan untuk terjadinya penumpukan sampai menyebabkan kebocoran pada tangki Anda. Melaksanakan saat Anda memakai magnesium anoda pada tangki hal yang demikian, masih dapat terjadi penumpukan sedimen.

2.            Lakukan perawatan secara rutin

Selain yang juga penting saat Anda mempunyai pemanas air energi solar merupakan senantiasa menjalankan perawatan. Lakukanlah perawatan minimal satu tahun sekali. Anda dapat menjalankan perawatan sendiri atau memanggil teknisi yang telah berpengalaman untuk menjalankan servis atau perawatan pada pemanas air energi surya Anda. Selain ini dijalankan untuk menghilangkan sedimen atau kotoran yang mengendap pada tangki penyimpanan pemanas air energi surya.

3.            Mengerjakan penggantian magnesium anoda

Salah satu yang juga dapat Anda lakukan merupakan memberikan magnesium anoda pada pemanas air energi surya Anda. Tujuannya untuk membersihkan kotoran yang ada pada pemanas hal yang demikian. Tersebut magnesium anoda ini diletakkan di heat exchanger, air boiler, evaporator boiler dan bagian lainnya.

Kegunaan dari magnesium anoda ini merupakan untuk mendekontaminasi, melembutkan air, sampai membikin mesin solar water heater menjadi lebih bendung lama.  memang penerapan magnesium anoda ini untuk menghindari bagian dari pemanas air supaya tak berkarat atau korosi sehingga usia dari mesin juga lebih panjang.

4.            Membersihkan segala sambungan

 Anda telah selesai membersihkan segala komponen dari pemanas air energi surya hal yang demikian berikutnya pastikan juga untuk memeriksa sambungan dari pemanas hal yang demikian seperti sambungan dari kolektor ke tangki penyimpanan.

Selain ini dijalankan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa. Kebocoran pada pipa juga dapat menjadi pedoman bahwa terjadi kerusakan pada pipa tangki atau pemanas air energi sang surya Anda. Dengan demikian itu Anda juga dapat mengenal apabila memang ada sebagian bagian yang perlu dikoreksi atau diganti.  kiat perawatan water heater solar yang pas, semoga berguna supaya pemanas lebih awet.

Sumber: intisolarsurabaya.com