Pemanas Air Solar yang Lama Ganti Baru? Ini Caranya!

0
59
views
sumber: google.co.id

Pemanas air solar adalah tipe perabot yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Kalau Anda menemukan kebocoran di bagian bawah pemanas air, itu artinya pemanas seharusnya diganti dengan yang baru. Sebab kebocoran tersebut adalah pertanda bahwa tangki sudah aus dan berkarat. Lazimnya pemanas air seharusnya diganti minimal 10 hingga 20 tahun, dan pelaksanaan penggantian ini seharusnya dijalankan sesegera mungkin untuk menghindari banjir.
Tips mengganti pemanas air solar yang baru

  1. Rencanakan
    Lazimnya pemanas air cuma sanggup bertahan hingga 15 tahun. Kalau pemanas yang Anda gunakan diri rumah sudah tidak sanggup bekerja secara normal, itu artinya pemanas perlu diganti.
    Ciri-ciri pemanas yang perlu diganti dapat Anda kenal dari adanya tetesan air dari tangki atau genangan air karat di bawah tangki. Atau seandainya Anda mengalami keadaan sulit air kurang panas, itu artinya pemanas cuma perlu dibetulkan ke tukang ahli.
  2. Hubungi Pihak Pipa Terdekat
    Kalau berkeinginan memasang pemanas baru, otomatis pipanya juga seharusnya baru. Di tiap daerah memiliki regulasi memasang pipa yang berbeda-beda, jadi lebih bagus hubungi pihak pipa terdekat untuk menerima izin mengganti pemanas.
  3. Mengumpulkan Alat
    Untuk memasang pemanas air surya memerlukan banyak alat dan material. Supaya lebih efisien Anda kumpulkan sedikit demi sedikit terpenting dahulu alat yang akan dipakai. Sebagian alat yang seharusnya Anda siapkan adalah obeng, kunci Inggris, pemotong selang, kain lap, pengukur, dan masih banyak lagi.
  4. Melepaskan Pemanas Air Lama
    Melepaskan pemanas air lama tentunya seharusnya mengikuti langkah-langkah yang benar. Langkah pertama yang seharusnya Anda lakukan adalah mematikan sumber listrik dengan sistem mematikan pemutus bagian sirkuitnya.
    Sesudah itu kuras tangki dengan hati-hati dan putuskan aliran listrik dan air pemanas. Pakai kunci Inggris untuk memutus aliran seandainya Anda mengaplikasikan pemanas air gas. Kalau mengaplikasikan pemanas listrik, cukup putuskan aliran listriknya.
    Lepaskan juga bagian ventilasi pemanas air dengan sistem melepas sekrup yang mengaitkan keduanya. Sesudah itu dorong pipa ventilasi ke arah satu sisi, seandainya sudah terlepas geser tangki secara hati-hati.
    Pada pelaksanaan pelepasan ini pastinya Anda akan memerlukan bantuan orang lain sebab bobot tangki benar-benar berat. Jangan lupa, membuang tangki pemanas di daerah yang aman dan legal.
  5. Pasang Pemanas Baru
    Bersihkan sisa-sisa genangan air yang ada di lantai, lalu letakkan pemanas air sang surya yang baru di posisi yang tepat. Jangan lupa untuk memutar pemanas agar menerima posisi pipa yang tepat dan layak. Dan gunakan juga sipat datar untuk memutuskan posisi pemanas layak.
    Sesudah menerima posisi yang layak, Anda dapat melanjutkan pelaksanaan selanjutnya seperti memasang katup pereda. Supaya pelaksanaan pemasangan pemanas lebih aman, sebaiknya Anda gunakan jasa legal yang ditawarkan oleh kios daerah Anda membeli.
    Itulah tadi sebagian tips mengganti pemanas air solar yang baru. Kalau Anda mendapati kesulitan saat mengerjakan pelaksanaan pelepasan pemanas lama, ada baiknya hubungi tukang pipa agar lebih mudah.

Sumber: intisolarsurabaya.com