Lokasi Hingga Pelacak Surya Saat Pasang Pemanas Air Tenaga Solar

0
82
views
sumber: google.co.id

Dalam pengerjaan pemasangan panel pemanas air kekuatan solar cukuplah rumit. Kecuali seharusnya memperhatikan letak yang ideal, pemasangan panel juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Karena pengerjaan pemasangan cukup rumit, jadinya seharusnya diserahkan oleh para ahlinya agar menerima hasil yang optimal.
Kiat lokasi sampai pelacak surya saat memasang pemanas air kekuatan solar
• Lokasi panel
Lokasi pemasangan panel yang ideal dan benar ialah di komponen yang terkena sinar matahari optimal agar alhasil lebih efisien. Biasanya panel pemanas air dipasang di aga rumah, tiang, ataupun terkapar di tanah segera.
Tipe panel pemanas yang dipasang di tanah ialah ragam yang paling sederhana, akan tetapi memakan ruang yang cukup besar. Walaupun semacam itu, Anda akan menerima kemudahan dalam merawat dan membersihkannya.
Berbeda dengan panel pemanas air yang terpasang di atas atap. Memang tidak memakan ruang yang cukup banyak sebab diletakkan di atas. Akan tetapi Anda akan mengalami kesulitan dalam membersihkan dan merawatnya sebab berlokasi di atap rumah.
Walaupun panel pemanas yang dipasang di tiang menjadi lebih gampang dikendalikan, dirawat, dan dibersihkan sebab ketinggiannya dapat disesuaikan. Jadinya pengerjaan pemeliharaan pemanas air menjadi lebih gampang dan tidak repot sama sekali.
Kecuali itu, Anda juga seharusnya ideal mengenai arah panel pemanas. Contohnya atap di komponen Selatan, maka arahkan panel ke komponen Utara. Itu pun sebaliknya, dengan pemasangan yang mencontoh posisi, maka alhasil akan lebih optimal.
• Tingkat kemiringan
Observasi juga tingkat kemiringan solar water heater. Biasanya kemiringan pemanas air seharusnya diletakkan di sudut khusus agar terkena sinar matahari. Biasanya tingkah kemiringan ini menghadap segera ke Selatan komponen bumi Utara. Atau dapat juga menghadap Utara di komponen bumi Selatan.
Metode sederhananya ialah dengan cara memiringkan segera panel hal yang demikian tanpa mengubahnya sekalipun. Namun, banyak yang mengatakan apabila memiringkan panel sesuai dengan posisi matahari dan musim terbukti memberikan hasil yang lebih optimal.
Di Indonesia sendiri, kota-kota yang berlokasi di garis khatulistiwa lebih efisien apabila panel berada pada posisi 20 sampai 30 derajat. Jadinya hasil yang diperoleh akan lebih optimal.
• Gunakan pelacak surya
Pelacak surya ialah sebuah cara yang dimana perangkat hal yang demikian dapat melacak posisi panel pemanas air kekuatan matahari yang ideal. Tidak cuma melacak, perangkat ini juga cakap menjaga sudut panel pemanas agar tetap diposisi yang ideal.
Keunggulan lainnya dari perangkat ini ialah cakap bergerak mencontoh arah matahari dengan menerapkan sensor sinar. Akibatnya panel surya akan selalu berada di sudut yang ideal. Sehingga hasil akhir yang diperoleh akan jauh lebih optimal.
Jadi itulah tadi hal-hal dasar yang seharusnya diperhatikan saat mau memasang panel pemanas air kekuatan solar. Di zaman modern seperti sekarang, penerapan pemanas air benar-benar amat membantu sebab dapat menyediakan air hangat selama 24 jam. Jadinya Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak air cuma untuk menerima satu gelas air hangat.

Sumber: intisolarbandung.com