Lebih Hemat, Lakukan Sharing Printer untuk Beberapa Perangkat!

0
125
views
sumber: google.co.id

Sharing printer memungkinkan pemakaian hanya satu printer untuk sebagian perangkat. Sehingga lebih menghemat tarif operasional perusahaan daripada mesti membeli banyak printer. Berikut kelebihan dan kekurangan dalam memakai printer bersama.
Apa saja yang diperlukan saat memakai sharing printer?
• Komputer induk
Printer sharing mesti dijalankan oleh satu komputer induk yang memfasilitasi komputer lainnya untuk memakai mesin cetak tersebut. Perangkat inilah yang ialah penghubung antara komputer pengguna dengan sharing printer sehingga bisa dikatakan sebagai perantara.
• Komputer client
Komputer client ialah istilah yang dipakai untuk komputer-komputer yang memanfaatkan sharing printer untuk beragam kebutuhan. Client tak boleh terhubung langsung ke printer tetapi mesti melewati perantara perangkat induk.
• Jaringan LAN
Sharing printer aplikasi dalam penerapannya mesti mempunyai jaringan LAN yang dihubungkan oleh komputer induk dari printer ke para komputer clientnya.
Kelebihan printer bersama

  1. Irit tarif
    Perangkat apa malah pasti membutuhkan perawatan secara rutin. Sehingga memasang printer sharing memungkinkan pemakaian hanya printer yang tentu saja lebih menghemat tarif perawatan dibanding membeli banyak mesin cetak.
  2. Cepat tukar data
    Penerapan satu printer bersama berarti antar komputer telah saling terkoneksi. Maka ini tentu lebih mempermudah pengguna dalam bertukar data melewati perantara ini asal mereka masih dalam satu jaringan yang sama.
  3. Lebih estetik
    Printer sharing dihubungkan dengan teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat tak perlu dicolok langsung satu per satu dengan kabel USB. Penerapan otomatis tak banyak kabel yang diperlukan sehingga ruangan malah nampak lebih rapi secara estetika.
  4. Hemat waktu
    Penerapan printer bersama akan lebih menghemat waktu karena tak perlu memasang aneka kabel USB yang merepotkan. Tidak cukup menjalankan langkah-langkah cara setting sharing printer di awal, maka printer bisa langsung dipakai untuk mencetak.
  5. Penerapan banyak membutuhkan ruang
    Penerapan printer sharing tak membutuhkan daerah lebih untuk menaruh banyak printer, sehingga tentunya menghemat ruang. Cukup hanya menyiapkan satu printer yang bisa dipasangan di banyak perangkat.
    Kekurangan printer bersama
  6. Perlu satu komputer induk
    Sharing printer mesti memakai satu komputer induk yang mesti senantiasa menyala. Komputer ini berfungsi sebagai master pada perangkat yang tak mempunyai port LAN. Situasi jikalau telah mempunyai port LAN, maka komputer induk tak mesti senantiasa menyala.
  7. Kecuali jaringan mesti senantiasa stabil
    Lakukan pengecekan secara terencana untuk memutuskan semua jaringan konsisten terkondisi secara stabil dan kondusif sehingga senantiasa siap dipakai. Kualitas itu proses sharing dokumen malah akan lebih lancar tanpa terhalangi oleh koneksi yang buruk.
  8. Pilih printer terbaik
    Kalau printer yang dipakai juga akan memberi pengaruh kestabilan jaringan yang dipasang. Apalagi mengingat printer share umumnya bekerja terus menerus karena melayani lebih dari satu komputer. Kalau mutu printer buruk, tentu tak akan lebih pesat rusak.
    Untuk itu gunakan printer Brother yang telah ternyata memberi hasil cetakan yang berkualitas dan mempunyai tenaga tahan lama. Printer ini juga betul-betul awet sedangkan dipakai mencetak data berkali-kali.
    Kalau diperhatikan memang pemakaian sharing printer ini lebih banyak keuntungan dibanding kekurangannya. Sehingga betul-betul cocok dipakai di beragam instansi, baik perkantoran, lembaga pendidikan, atau malah perbankan. Jangan lupa untuk memilih printer berkualitas seperti merk Brother yang memang telah ternyata hasilnya.

Sumber: brother.co.id