Ketahui Hal Ini Untuk Pasang Solar Water Heater di Rumah

0
108
views
sumber: google.co.id

Solar water heater bisa menjadi salah satu ragam pemanas air yang sesuai untuk Anda pakai. Hal ini sebab juga sesuai dengan pemanas air energi surya yang menggunakan sumber panas sang surya sebagai dayanya.

Dimana Indonesia sendiri memiliki pasokan yang banyak untuk panas sang surya sepanjang tahun. Terpenting ketika sudah menjelang musim kemarau. Pasokan panas sang surya akan kian banyak untuk diaplikasikan.

Untuk memasang pemanas air energi surya sendiri tidak bisa dijalankan sembarangan. Akan lebih bagus jikalau Anda menggunakan teknisi untuk membantu memasangkan pemanas air energi surya hal yang demikian dengan bagus. Berikut adalah kiat untuk sistem pemasangan pemanas air energi surya.

Bagaimana sistem pasang solar water heater di rumah?

1.            Memilih kapasitas tangki yang akan diaplikasikan

Penting untuk mengenal kapasitas dari tangki pemanas air yang akan Anda pakai. Tujuannya supaya air panas yang Anda pakai hal yang demikian bisa memenuhi kebutuhan air panas di rumah. Untuk tangki penyimpanan air panas, ada dua ragam tangki yang bisa Anda pakai. Pertama adalah tangki dengan kapasitas sekitar 100 liter untuk kebutuhan 2 hingga 4 orang.

Bila ada 5 hingga 7 orang yang menggunakan air panas, karenanya Anda bisa menggunakan tangki berukuran 300 liter. Tujuannya menggunakan tangki dengan kapasitas yang sesuai hal yang demikian adalah untuk menghindari Anda kekurangan air panas sehingga sepatutnya menunggu lama sistem pemanas untuk memanaskan airnya kembali.

2.            Menentukan letak kran air dan unit pemanasnya

Selanjutnya pastikan Anda sudah mengenal letak unit atau komponen pemanas air energi surya hal yang demikian. Selain itu pastikan juga mengenai peletakan dari kran yang nantinya akan mengalirkan air panas hal yang demikian.

Umumnya air panas akan dialirkan pada kamar mandi dan juga dapur. Untuk unit berupa tangki dan panel pemanasnya akan diletakkan di atap. Tujuannya supaya panel kolektor hal yang demikian bisa mengabsorpsi energi panas sang surya secara lebih banyak dan optimal.

3.            Mengerjakan instalasi

Selanjutnya adalah melakukan pemasangan pada unit hal yang demikian. Bagian pada pemanas air energi solar hal yang demikian akan digabungkan dengan pipa. Pipa di sini berguna untuk membantu mengalirkan air panas ke tempat yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu pipa hal yang demikian juga berguna untuk menyalurkan air dingin supaya bisa dipanaskan pada komponen panel kolektor. Lubangi komponen output yang berguna untuk menyalurkan air panas pada kamar mandi atau dapur.

4.            Mengaplikasikan material yang tepat

Memilih ragam material yang tepat untuk pemanas air energi sang surya juga bisa mempengaruhi kualitas dari pemanas hal yang demikian. Bagian atau unit yang berkualitas sudah pasti akan membikin pemanas air Anda bisa bertahan dengan lebih lama. Akan lebih bagus jikalau Anda memilih menggunakan bahan pipa maupun tangki yang anti panas atau anti korosi.

 tulisan mengenai sistem untuk pemasangan solar water heater untuk kebutuhan di rumah. Semoga berguna.

Sumber: intisolarbandung.com