Jenis-jenis Kerusakan Pada Pemanas Air Tenaga Solar

0
56
views
sumber: google.co.id

Seiring dengan berkembangnya zaman, pemanas air kekuatan solar hadir sebagai pemanas yang kapabel meringankan aktivitas sehari-hari. Terutama lagi dalam penerapan air hangat, sebab dengan mengaplikasikan pemanas air hangat dapat diambil kapan bahkan. Namun, sama seperti alat lainnya, pemanas juga dapat rusak sekiranya tak dirawat.
Daftar ragam-ragam kerusakan pemanas air kekuatan solar

  1. Kebocoran
    Kebocoran pada tangki ialah situasi sulit yang paling tak jarang dihadapi oleh pemilik pemanas air. Jikalau tangki bocor, segeralah untuk melaksanakan pemeriksaan dari mana asal bocornya.
    Jikalau tangki bocor berasal dari katup TPR karenanya dapat dipastikan kebocoran disebabkan sebab adanya tumpukan partikel. Namun sekiranya tangki bocor sebab katup suhu, karenanya Anda tak perlu kuatir.
  2. Timbul bunyi berisik
    Kalau solar water heater timbul bunyi berisik secara tiba-tiba, lantas lakukan pemeriksaan sumber bunyi hal yang demikian. Umumnya kebisingan berasal dari pipa, sekiranya benar karenanya Anda dapat melaksanakan penanganan dengan sistem mengangkat tuas Pressure Valve ke atas.
    Kalau tuas Pressure Velve telah diangkat, melainkan masih memunculkan bunyi berisik. Lantas panggil jasa servis pemanas air supaya situasi sulit teratasi. Jangan lakukan pembenaran sendiri sebab akan membikin pemanas kian parah.
  3. Air kurang panas
    Jikalau ketika mau mengambil air Anda wajib memerlukan waktu yang lama. Karenanya dapat jadi di dalam bawah tangki pemanas terjadi endapan mineral. Jadi itulah sebabnya air panas menjadi lebih lama keluarnya.
    Malahan endapan mineral yang ada di dalam tangki juga dapat menyebabkan adanya batasan aliran yang masuk. Sehingga ketika mengisi air pemanas memerlukan waktu yang lama untuk memanaskan air. Jadinya aktivitas dalam mengaplikasikan air hangat sehari-hari menjadi terganggu.
  4. Air bau
    Kalau bau dari air pemanas air kekuatan sang surya berbau seperti busuk. Perlu diwaspadai adanya kuman di dalam air. Atau air busuk dapat juga disebabkan sebab anoda pemanas rusak. Anoda ialah batang yang larut seiring dengan lamanya penggunaan pemanas.
    Adanya anoda di dalam pemanas betul-betul penting supaya pemanas terhindar dari karat. Kalau anoda telah terlarut di dalam air, jadinya air berbau busuk. Air yang berbau busuk betul-betul membahayakan bagi tubuh. Jadi lantas panggil jasa servis untuk mengganti anoda dengan yang baru.
  5. Air keruh
    Jikalau air yang diambil dari pemanas nampak keruh, lantas periksa tangki penyimpanan. Air keruh disebabkan oleh tumpukan kuman dan mineral yang mengalir lewat keran. Atau dapat juga disebabkan sebab pipa dari pemanas berkarat. Apa bahkan itu, lantas lakukan pemeriksaan dan perbaiki supaya air kembali bening seperti semula.
    Demikianlah tadi sebagian kerusakan awam dari pemanas air kekuatan solar. Seiring dengan berkembangnya zaman, pemanas air hadir sebagai alat untuk mempermudah manusia. Kegunaannya dalam menyediakan air hangat selama 24 jam, membikin Anda kapabel mengambil air hangat kapan bahkan tanpa wajib memasak.

Sumber: intisolar.com