Jenis-jenis AC Dari Floor Standing Sampai Split Duct

0
24
views
sumber: google.co.id

Ada banyak sekali tipe-tipe AC di pasaran sana, sedangkan beberapa masyarakat berpendapat sekiranya seluruh tipe AC sama seluruh. Kongkretnya ada beragam tipe AC yang disesuaikan dengan kekuatan dan kapasitasnya.
Mungkin selama ini tipe AC yang Anda kenal hanyalah AC rumahan atau kantor. Lebih dari itu, ada banyak tipe AC yang mungkin belum Anda kenal. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.
Daftar tipe-tipe AC
• AC Floor Standing
AC floor standing biasanya digunakan untuk skala kecil sampai menengah. Jenis AC ini cenderung lebih ringkas karena hanya memiliki satu unit saja di indoor. Malah pengaplikasian AC floor standing bahkan terbilang simpel dan tidak ribet.
Metode kerja AC ini adalah dengan menggunakan air untuk mewujudkan udara dingin. Jadinya di dalam AC akan ada tank untuk menampung air tersebut. Tak heran sekiranya AC floor standing menjadi tipe AC yang paling simpel dan unik.
• AC Split Wall
Jenis-tipe AC ruangan yang berikutnya adalah AC split wall. AC tipe ini biasanya digunakan untuk kantor atau rumah dengan skala kecil sampai menengah.
Berbeda dari AC floor standing, AC split wall memiliki dua unit indoor dan outdoor. Pada komponen unit outdoor berisi kompresor sebagai komponen utama dari AC split wall.
AC tipe ini bekerja dengan sistem memompa freon menuju koil pendingin dengan sistem melalui saluran yang terhubung dengan pipa. Dan nantinya, pipa-pipa itulah yang akan menghubungkan unit outdoor dan indoor pada AC.
• AC Central
Biasanya AC central digunakan di kawasan dengan skala besar seperti universitas, hotel, rumah sakit, atau mall. AC central adalah tipe AC yang tidak bisa dinonaktifkan atau dihidupkan secara sembarangan. Karena beberapa AC akan saling mempengaruhi.
Metode daya kerjanya bahkan tergolong rumit, karena udara dari ruangan yang telah dingin akan terproses di cooling pant luar ruangan. Barulah berikutnya udara yang telah dingin tadi akan masuk ke dalam ruangan yang terpasang AC central.
• AC Casette
AC casette adalah tipe AC yang memiliki bentuk kotak dengan ruas-ruas, biasanya AC casette di pasangan di plafon ruangan rapat atau kantor premium yang besar.
Jenis AC casette terbilang elegan karena dipasang di langit-langit ruangan. Untuk instalasinya terdapat dua, adalah indoor dan outdoor. Sehingga cara kerja instalasinya juga terbilang rumit dibandingkan dengan AC tipe yang lain.
• AC Inverter
Ada banyak sekali beragam tipe-tipe AC yang dipasarkan di pasaran sana. Tapi salah satu tipe AC yang paling umum adalah AC inverter.
Tak jauh beda dengan AC split wall, hanya saja sistem yang digunakan AC inverter menggunakan system inverter. Keunggulan dari sistem inverter adalah bisa memegang kecepatan kompresor ketika digunakan untuk mengalirkan freon ke AC.
Itulah sebabnya AC inverter terbilang AC yang hemat kekuatan dan ramah lingkungan. Jadi tidak heran sekiranya tipe AC ini tak jarang dipasang di rumah ataupun tempat usaha skala kecil menengah.
• AC Split Duct
AC split duct seringkali tidak terlihat karena peletakannya di komponen langit-langit atau tembok yang tertutup. Meski tertutup, AC ini kapabel memberikan rasa teduh pada ruangan.
Metode kerja AC split duct adalah dengan sistem mendistribusikan udara dingin ke seluruh ruangan. Bagi Anda yang berkeinginan menggunakan AC tetapi tidak berkeinginan terlihat, AC tipe split duct adalah alternatif yang ideal.
Itulah tadi tipe-tipe AC yang mesti Anda kenal sebelum membeli AC. Seandainya Anda berminat menggunakan AC, sebaiknya amati dahulu untuk apa AC tersebut. Seandainya telah, barulah Anda bisa menetapkan tipe AC mana yang layak untuk dibeli.

Sumber: acwahana.com