Cegah Solar Water Heater Mudah Rusak, Lakukan Tips Ini!

0
169
views
sumber: google.co.id

Solar Water Heater atau yang kerap disebut dengan pemanas air energi surya, ketika ini memang kerap digunakan. Selain ini dikarenakan pelbagai banyak keunggulan dan keuntungannya apabila diperbandingkan dengan pemanas air lainnya.
Solar water heater lebih ramah lingkungan sebab energi yang digunakan untuk memanaskan air berasal dari panas cahaya sang surya dan tak terbatas. Dikarenakan energi yang digunakan berasal dari alam jadi tak mengaplikasikan tambahan tarif seperti listrik atau gas elpiji yang umumnya digunakan. Pemanas air energi sang surya ini juga memiliki ketahanan metode yang cukup bagus merupakan dapat bertahan hingga 20 tahun.
Akan melainkan jangka waktu ketahanan metode yang cukup panjang tersebut juga mesti dibarengi dengan metode perawatan yang bagus dan dikerjakan secara terencana . Salah satu caranya merupakan melakukan perawatan yang benar. Berikut merupakan beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keawetan dari metode pemanas air.
Kiat perawatan solar water heater

  1. Perawatan yang penting untuk menjaga agar solar water heater tetap dapat berfungsi dengan bagus merupakan dengan melakukan pengecekan secara terencana merupakan tiap 1 atau 2 bulan sekali. Berikut merupakan beberapa level pengecekan yang dapat Anda lakukan.
    • Bersihkan debu yang menempel pada semua bagian unit. Anda dapat mengelapnya dengan kain bersih untuk menyingkirkan debu tersebut.
    • Pastikan apabila tak ada kerusakan bagian secara lahiriah semisal ada yang robek, terkelupas, pecah dan lain sebagainya.
    • Periksa aliran pada pipa tangki penyimpanan dan kolektor. Selain ini penting untuk memastikan agar aliran air dari dan menuju metode pemanas dapat berjalan dengan bagus.
    • Memeriksa air vent agar tetap dapat beroperasi dengan bagus. air vent bermanfaat untuk mengeluarkan uap panas ketika terjadi over flow.
    • Periksa semua koneksi agar tak terjadi kebocoran pada pemanas air energi sang surya. Pastikan juga bahwa semua bagian tersebut dapat bekerja dengan bagus.
  2. Apabila pengecekan yang dikerjakan selama 1 atau 2 bulan sekali, penting juga untuk melakukan pengecekan tiap 6 atau 1 tahun sekali pada pemanas air energi surya Anda. Selain ini untuk tetap memastikan bahwa semua bagian pemanas air dapat bekerja secara maksimal. Berikut merupakan beberapa level yang dapat Anda lakukan.
    • Memeriksa instalasi pada pipa agar tak terjadi kerusakan. terjadi kerusakan dan memang dibutuhkan penggantian, Anda dapat memanggil bantuan jasa servis.
    • Memeriksa pompa kontrol agar suplai air dapat bekerja dengan maksimal dan lancar.
    • Memeriksa one way valve, check valve, dan pressure valve agar tetap berfungsi dengan bagus.
    Terakhir Anda perlu untuk melakukan pembersihan dengan menguras solar water heater. Anda dapat membersihkannya dan menggantinya dengan air yang baru. Selain ini penting agar pemanas air Anda tak mengalami penyumbatan imbas kotoran-kotoran yang dibawa oleh air. Apabila itu kotoran yang terus dibiarkan hingga mengendap juga akan mempercepat terjadinya korosi pada tangki dan memberi pengaruh mutu dari air yang akan Anda pakai.

Sumber: intisolarbandung.com