Cara Merawat Water Heater Matahari Dengan Benar Agar Awet

0
206
views
sumber: google.co.id

Sesudah mengetahui segala kelebihan serta manfaat dari mengaplikasikan water heater matahari, sudah seharusnya Anda memikirkan sistem merawatnya dengan baik. Karena, bagaimana malah barang ini dikatakan tak gampang rusak apabila tak dirawat dan diperlakukan dengan benar tetap akan hancur juga.
Sistem Merawat Water Heater Surya Dengan Benar Supaya Awet
Dengan mengetahui seberapa besar manfaat dari pemanas air tenaga solar, sudah seharusnya dilaksanakan perawatan khusus. Sistem merawatnya yakni lewat dua jenis pemeriksaan sebagai berikut:

  1. Pengecekan Terprogram
    Untuk merawat dibutuhkan pengecekan secara rutin dan terprogram . Dalam pengecekan terprogram ini, pastikan tak terdapat kerusakan fisik. Lakukan juga pengecekan pada segala komponen sambungan untuk menghindari kebocoran, sampai periksa juga pada komponen air vent apakah masih berfungsi.
    Pemeriksaan perangkat seharusnya dilaksanakan minimal 3 bulan sekali, dengan sistem mengecek kontrol valve, listrik dan pembersihan tiap komponen. Sistem pembersihan juga diamati dari seberapa acap kali Anda mengaplikasikan.
    Kecuali pengecekan pertiga bulan, lakukan juga pengecekan secara 6 bulan sampai per tahun. Yang perlu dilaksanakan yakni pengecekan instalasi pipa supaya tak korosi, dan jangan biarkan kotoran masuk dan mengendap yang juga bisa menyebabkan korosi tadi.
  2. Perawatan Rutin
    Sesudah melaksanakan pengecekan secara terprogram , lakukan juga perawatan rutin. Diantaranya yakni seperti membersihkan komponen tanki dengan sistem mengurasnya, atau membersihkan komponen yang berdebu.
  3. Penggantian Magnesium Anoda Secara Teratur
    Untuk magnesium anoda, seharusnya dilaksanakan penggantian secara teratur. Supaya tak terjadi kerusakan dikala dipakai. Tapi setidaknya, air yang masuk ke dalam tangki haruslah bersih dan tersaring dengan baik dari batu atau pasir supaya tak merusak komponen dalam perangkat water heater.
  4. Membersihkan Segala Sambungan
    Masih ada hal lain yang seharusnya dilaksanakan, yakni membersihkan segala sambungan pada pemanas air tenaga surya tersebut. Untuk mencegah terjadinya korsleting. Atau hal lain yang tak diinginkan.
  5. Periksa Safety Valve
    Kecuali itu, Anda juga perlu melaksanakan pemeriksaan pada safety valve atau yang disebut dengan pengaman tekanan pada tangki airnya. Fungsinya menjaga suhu di dalam tangki bisa tetap stabil.
    Apabila terjadi penyumbatan, maka yang perlu dilaksanakan yakni dengan menaikkan tuas valvenya supaya air bisa mengalir dengan lancar. Serta lakukan pengecekan juga untuk check valve, one way valve dan pressure valve.
  6. Pasang Keamanan Berganda
    Terakhir yakni memasang keamanan berganda. Yaitu, dengan menempelkan ELCB pada instalasinya sebelum listrik terhubung dan masuk.
    Hanya itulah yang bisa dilaksanakan untuk menjalani perawatan water heater matahari. Tapi tersebut bisa menjadikan water heater tersebut bendung lama dan awet dari kerusakan pesat. Barang yang memperoleh aliran listrik biasanya lebih rentan rusak. Meski, berbeda dengan alat yang mengaplikasikan tenaga matahari. semacam itu, tetap seharusnya di rawat dan dilaksanakan pengecekan yang terprogram supaya perlengkapan di dalamnya tetap awet.

Sumber: intisolar.com