Cara Bersihkan Aquarium Dengan Pemanas Air Tenaga Surya

0
128
views
sumber: google.co.id

Pemanas air daya surya yakni salah satu alat penghasil air hangat yang efisien. Salah satu kegunaan air hangat yakni untuk membersihkan kaca aquarium yang dekil dan berlumut. Aquarium yang sudah lama tak dibersihkan dan berlumut dapat berimbas pada kondisi ikan, sehingga dibutuhkan pengetahuan untuk membersihkan aquarium.
Sistem bersihkan aquarium dengan pemanas air daya surya
Air hangat berfungsi untuk membersihkan aquarium yang dekil, teknik untuk membersihkannya sangatlah mudah dan dapat dilaksanakan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan:

  1. Mempersiapkan Bahan
    Bahan yang dapat kita siapkan untuk membersihkan noda pada kaca aquarium dapat diperoleh di kios-kios terdekat. Beberapa bahan yang mudah dijumpai, antara lain: sitrun, pemutih baju, pembersih lantai, pasta gigi, soda api, cuka, cairan pembersih kaca. Bahan-bahan hal yang demikian dapat kalian pilih seandainya tak ada salah satu di antaranya.
    Kecuali cara hal yang demikian, ada cara lain yang juga dianggap tepat sasaran, yakni dengan meletakkan ikan pembersih kaca pada aquarium kalian. Ikan pembersih atau yang dikenal dengan ikan sapu-sapu pada dasarnya tak berfungsi sebagai pembersih kerak atau lumut melainkan dapat digunakan untuk mencegah timbulnya noda atau lumut yang kian banyak.
    Langkah selanjutnya yakni menerapkan air jeruk nipis. Kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis berfungsi untuk membersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada aquarium. Bahan terakhir yakni air hangat yang diperoleh dari solar water heater. Fungsi air hangat yakni untuk menghilangkan larutan pembersih yang menempel pada zona aquarium.
  2. Mempersiapkan Alat
    Alat yang semestinya disiapkan yakni sikat dengan bulu yang setengah kasar atau tak terlampau kasar. Sudah hal yang demikian dapat menggores permukaan kaca aquarium.
  3. Mengosongkan Aquarium
    Ikan yang sebelumnya terdapat dalam aquarium hendaknya kita pindahkan secara khusus dulu supaya tak terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya. Pindahkan ikan dan tanaman hias pada wadah yang berbeda.
  4. Membersihkan dengan Bahan Sekiranya Terutama Disiapkan
    Bahan-bahan yang sebelumnya sudah kita siapkan dapat kita oleskan dalam permukaan dinding aquarium. Lalu gosok dengan sikat secara pelan sampai merata pada bagian permukaan. Dahulu terdapat bagian dinding aquarium yang masih bening, maka dapat dilalui.
  5. Diamkan Setelah Kegiatan
    kalian menggosok bahan pembersih pada aquarium diamkan selama 20-30 menit supaya elemen kimianya dapat bereaksi. Sembari menunggu, kalian dapat menyiapkan air hangat yang diperoleh dari pemanas air daya sang surya untuk membilas pada tahap selanjutnya.
  6. Membilas
    membilas dilaksanakan secara dua kali. Pertama dilaksanakan dengan cara membilas menerapkan air hangat. Kemudian yang kedua membilas menerapkan air suhu normal. Fungsi menerapkan air hangat yakni untuk merontokkan lumut secara sempurna pada dinding aquarium yang menempel.
    Itulah manfaat dari air hangat yang diperoleh dari pemanas air daya surya untuk membersihkan lumut dan kotoran pada dinding aquarium yang menempel supaya kelihatan bersih.

Sumber: intisolar.com