Benarkan Pemanas Air Tenaga Solar Menggunakan Listrik Simak Faktanya Di Sini

0
204
views
sumber: google.co.id

Menggunakan pemanas air daya solar bagi setiap orang pastinya mengharapkan penghematan daya dari sumber yang tercipta. Sebab pemanas air ini memang menggunakan daya matahari sebagai sumber pemanasan air. Tetapi, ada sebagian orang yang bertanya apakah pemanas air tersebut juga menggunakan listrik? Benar atau tidaknya mari kita cek segala faktanya khususnya dahulu.
Benarkan Pemanas Air Tenaga Solar Menggunakan Listrik Simak Faktanya Di Sini

  1. Pemanas Air Solar Amat Diminati
    Semua masyarakat memang mayoritas menyukai jenis pemanas air dengan daya matahari. Kecuali hemat bentuknya juga amat simpel dan simpel. Dengan begitu penggunaannya bahkan tidak akan terlalu susah. Mengapa dapat hemat sebab mengandalkan sumber daya matahari yang dapat didapatkan secara free.
  2. Penerapan Sumber Tenaga Hanya Pada Siang Hari
    Pada pemanas air daya matahari ini sumber daya yang digunakan adalah dari matahari. Sebab itulah pengambilan energinya cuma dapat dikerjakan cuma pada siang hari.
    Untuk menuntaskan hal itu seharusnya ada penyimpanan cadangan air panas bila mau digunakan di malam hari. Atau dapat juga menggunakan daya lain cuma untuk malam hari saja.
  3. Tenaga Listrik Menjadi Unsur Pendorong dan Cadangan
    Kecuali pengaplikasian sumber daya utama yang berasal dari matahari, ternyata ada pemanas air yang juga memerlukan bantuan untuk pemanasan air pada malam hari. Jikalau terdapat penyimpanan cadangan air panas karenanya daya tersebut yang akan digunakan. Tetapi bila sudah habis karenanya akan perlu bantuan dari daya lain.
    Bentuk bantuannya tersebut dapat menggunakan daya listrik. Tetapi pengaplikasian listrik di sini benar-benar diposisikan sebagai pendorong. Hanya sebagai cadangan di ketika daya matahari sedang tidak dapat digunakan. Tenaga matahari masih menjadi sumber utama.
  4. Penerapan Backup Heater Sesuai Batasnya
    Tenaga listrik memang dibuat daya cadangan substitusi daya matahari sementara. Cara tersebut dikerjakan oleh fasilitas back up heater yang adalah alat pemanas cadangan yang menggunakan daya listrik tadi. Tetapi kerjanya dapat dikerjakan dengan cara manual maupun secara otomatis.
    Dengan demikian pemanas air tetap dapat berprofesi ketika tidak ada matahari atau ketika tangki pemanas air sudah menempuh temperatur minimum. Tetapi tidak perlu kuatir Anda tetap dapat memegang penggunaannya.
    Caranya mudah adalah dengan mematikan stop kontak untuk solar water heater agar tidak menggunakan daya listrik. Tetapi itu berarti Anda tidak dapat mendapatkan air hangat ketika daya cadangan dari matahari sudah habis.
    Dari 4 fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pemanas air daya solar yang masih dapat menggunakan daya listrik namun cuma sebagai pendorong saja. Untuk daya utamanya tetap cuma menggunakan daya surya sebagai penghantar panas.
    Penerapan pemanas air dengan daya matahari banyak kelebihannya. Di antaranya adalah lebih hemat, praktis dan tahan lama. Artinya segala manfaat tersebut menjadikan hidup Anda lebih berkwalitas dan ramah lingkungan sebab mengurangi pemanasan global serta penghematan listrik.

Sumber: intisolar.com