3 Cara Pilih Tinta Berkualitas untuk Printer Wireless Terbaik

0
137
views
sumber: google.co.id

Tidak hanya membeli printer wireless terbaik, tetapi memilih tinta yang sesuai pun harus diperhatikan. Tinta yang baik juga pastinya akan memaksimalkan hasil cetakan printer, untuk itu ikuti tips-tips berikut ini!

Manakah tinta yang sesuai untuk printer wireless terbaik?

  1. Pilih bentuk pengisian tinta yang sesuai jenis printer

Berdasarkan cara kerjanya printer dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu: inkjet, ink tank, dan laser jet. Bentuk tinta yang dipakai untuk masing-masing printer pun berbeda-beda yaitu:

  • Inkjet

Untuk skala kecil seperti rumahan, printer inkjet memang mendominasi penggunaan. Jenis ini biasanya menggunakan tinta bentuk cartridge yang sayangnya berharga agak mahal.

  • Ink Tank

Dalam perkembangannya printer Brother kemudian merilis printer dengan tinta dalam bentuk tank yang disebut ink tank. Tinta pada tipe ink tank dapat diisi ulang kembali secara mandiri dan tidak butuh mengganti cartridge yang tentunya lebih ekonomis.

  • Laser Jet

Sama seperti inkjet, printer jenis laser jet juga menggunakan sistem tinta cartridge namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Nama penyebutannya pun dibedakan. Cartridge untuk laser jet disebut toner.

  • Jenis tinta sesuai hasil yang diharapkan

Tinta yang digunakan untuk printer wireless terbaik murah terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Tinta solvent

Jenis ini mampu menghasilkan cetakan yang tahan lama sehingga hasilnya juga sangat cocok dipakai di area luar ruangan. Hasil cetakan tinta solvent tidak akan luntur terkena air dan tahan sinar UV sehingga warna tidak mudah pudar. Biasanya tint aini digunakan untuk berbagai keperluan advertising seperti pembuatan banner, logo, spanduk, dan lainnya.

  • Tinta dye based

Tinta ini bahan dasarnya berupa air, sehingga mengurangi penyumbatan pada printer cartridge. Hal ini tentu saja membuatnya unggul dari segi memelihara daya tahan printer tersebut.

Dye based dapat dibeli dengan harga yang ekonomis namun mampu memberikan hasil cetakan yang tajam. Biasanya tinta jenis ini dipakai untuk skala kecil seperti perumahan atau kantor yang kuantitas cetak hariannya sedikit.

  • Tinta durabite pigment

Sama seperti jenis tinta solvent, durabite pigment mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat tajam bahkan pada kerta glossy sekalipun. Hal itu membuatnya biasa dipakai untuk usaha cuci cetak foto. Hasil cetak foto pun tajam dengan kombinasi warna yang cerah.

  • Tinta yang kompatibel

Hal terpenting lainnya ialah memilih tinta kompatibel atau sesuai dengan jenis printer wireless terbaik ekonomis yang dimiliki. Untuk mudahnya, pilih tinta yang sama dengan merk printer yang digunakan. Misalnya jika printer Brother maka pilihlah tinta Brother juga dan pastikan tinta yang dibeli original.

Hindari membeli tinta printer oplosan karena biasanya penjual mencampur cairan tintanya dengan alkohol agar larut. Sehingga mereka dapat menjualnya dalam jumlah banyak. Kandungan alkohol inilah yang berisiko merusak komponen printer dalam waktu cepat.

Memang ada banyak sekali jenis dan warna tinta printer wireless terbaik yang beredar di pasaran. Maka dari itu pastikan memilih jenis tinta yang sesuai dengan tipe printer serta selaras dengan kebutuhan berikut fungsinya.

Sumber: brother.co.id