10 Cara Menguras Water Heater Surya untuk Perawatan yang Benar

0
103
views
sumber: google.co.id

Normalnya water heater surya semestinya dikuras minimal satu kali selama satu atau tiga tahun. Dengan demikian itu performa water heater akan lebih tepat sasaran dan efisien dalam menciptakan air panas. Kecuali itu, usia pemanas malah akan lebih panjang karena dirawat dengan bagus. Lalu, bagaimana sistem menguras water heater yang bagus dan benar? Berikut ialah caranya.
Metode menguras water heater surya yang bagus dan benar

  1. Matikan sumber energi utama
    Sebelum menguras water heater, penting untuk mematikan sumber energi utama water heater itu sendiri. Lazimnya sumber energi ini berbentuk kotak dengan warna abu-abu dan umumnya dipasang di luar rumah. Sekiranya Anda telah menemukannya, seketika matikan.
  2. Matikan sirkuit yang memberi energi water heater
    Sesudah mematikan sumber energi utama, langkah berikutnya ialah menghentikan energi water heater tergantung baru sirkuit yang Anda matikan.
  3. Matikan persediaan air dingin
    Berikutnya, matikan persediaan air dingin water heater dengan sistem memutar katup penyetop dengan arah yang sama. Lazimnya katup penyetop ini ada di komponen dekat pipa air dingin masuk, di komponen atas tangki.
    Biasanya ada dua ragam katup yang dipakai water heater, merupakan katup terbang dan bola. Sekiranya water heater Anda memakai katup bola, karenanya Anda cuma perlu mengerjakan putaran 90 derajat untuk membuka atau menutup. Sekiranya katup terbang, Anda membutuhkan banyak putaran untuk membuka maupun menutup katup penyetop.
  4. Membuka kran air panas
    Bagus itu di bak mandi maupun wastafel, seandainya mau menguras pemanas air energi sang surya Anda harus membuka kran hal yang demikian. Tujuannya untuk mencegah wujud vakum di dalam aliran hal yang demikian.
  5. Pasang selang taman di kokang saluran
    Kokang saluran water heater dapat Anda peroleh di komponen bawah pelapis. Lazimnya kokang penyalur mempunyai wujud yang sama seperti kran taman, jadi Anda dapat memakai selang taman.
    Melainkan, seandainya Anda tak mempunyai selang taman, pakai saja ember untuk menampung dan buang air water heater. Melainkan perlu diingat, jangan hingga Anda mengisi ember terlalu penuh sebab akan membahayakan.
  6. Buka kokang saluran
    Sekiranya selang telah terpasang, Anda dapat membuka kijang saluran water heater untuk mengeluarkan air yang ada di dalamnya. Supaya aman, sebaiknya Anda menyalurkannya seketika ke dalam aliran air bawah tanah. Melainkan Anda juga perlu berhati-hati, karena air panas dapat menyebabkan selang bocor. Jadi, pakailah selang yang mempunyai bahan cukup tebal untuk membendung air panas.
  7. Mulai lakukan pengurasan
    Berikutnya, biarkan selama sebagian menit air yang ada di dalam ember. Lalu lihat apakah air hal yang demikian bening atau ada materi seperti endapan pasir. Sekiranya Anda memandang endapan pasir di dasar ember, lakukan pengurasan pada tangki yang telah kosong.
    Supaya lebih bersih, Anda dapat mengisi tangki dengan persediaan air dingin, lalu kuras lagi tangki hingga benar-benar bersih. Sekiranya endapan telah habis, berarti Anda telah sukses menguras tangki water heater.
  8. Lepaskan selang dan tutup kokang saluran
    Kalau masih terbuka, seketika tutup pelepas tekanan hal yang demikian. Kecuali itu, Anda juga semestinya mematikan kran air panas yang ada di bak mandi dan wastafel.
  9. Isi tangki kembali
    Isi tangki pemanas air energi solar hingga penuh dengan air. Sekiranya telah, buka lagi tutup pelepas tekanan tadi untuk mengeluarkan angin yang masuk. Sekiranya antik telah dikeluarkan, Anda dapat menutup kembali katup pelepas tekanan hal yang demikian.
  10. Tutup saluran water heater
    Buka kran air panas yang ada di kamar mandi secara khusus dulu. Sekiranya Anda seketika menyalakan energi water heater tanpa isi, penyebabnya unsur water heater akan rusak.
    Sekiranya telah, barulah Anda dapat mengaktifkan kembali sumber energi water heater tadi. Melainkan sebelum itu, pastikan seandainya kran air panas Anda mengalir dengan aliran penuh. Sesudah itu, barulah tutup kran bak mandi.
    Demikianlah sistem menguras water heater surya yang bagus dan benar. Dengan mengerjakan pengurasan, Anda telah merawat water heater dengan bagus supaya berumur panjang dan tak kencang rusak.

Sumber: intisolar.com