Cikarang Akan Maju Seperti Kota Lain Jika Menjadi KEK

0
158
views
Cikarang Akan Maju Seperti Kota Lain Jika Menjadi KEK

Daerah Cikarang selama ini lebih populer sebagai zona industri dan hunian. Tapi ternyata wilayah yang kini maju ini memiliki sejarah panjang guna meningkatkan skor investasi di kota tersebut. Memang perumahan di Cikarang sekalian industrinya sangatlah maju, namun eksistensi zona ini tidak lantas sukses semacam itu saja.
Cikarang sendiri yaitu ibu kota dari Kabupaten Bekasi. Cikarang terdiri dari 5 zona yang terbagi ke dalam Cikarang Sentra, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Cikarang Selatan, dan Cikarang Utara. Kota yang dibangung pada tahun 1989 ini memang sedari awal pendiriannya diinginkan menjadi sebuah wilayah perindustrian.
Cikarang sendiri dulunya yaitu wilayah yang semacam itu tandus dengan banyak bukit. Tapi saat ini, wilayah tersebut sudah berubah menjadi zona hijau dengan skor ekonomi tinggi. Ditambah lagi, daerah Cikarang termasuk salah satu lokasi yang betul-betul strategis. Tak heran kalau kini banyak pemberi modal mulai membeli properti di wilayah ini. Dapat dibilang wilayah Cikarang tidak kalah dengan wilayah hunian serta perumahan di Tangerang, ataupun zona lainnya.
Ketika ini Cikarang memang menjadi sebuah wilayah industri. Itulah sebabnya Cikarang dapat dibilang akan semakin maju kalau menjadi KEK (Wilayah Ekonomi Khusus). Dan demi memenuhi permintaan hunian yang semakin berkembang di wilayah ini, maka banyak sekali pengembang sudah mendirikan wilayah huni misalnya seperti kota Deltamas yang berdiri di atas tanah seluas 3,000 Ha. SinarMas Land sudah banyak membangun bermacam tipe hunian di wilayah tersebut.
Bahkan banyak orang yang memprediksi bahwa Cikarang lama kelamaan akan dapat menjadi seperti Shenzhen di Tiongkok. Sejarah pembangunan Shenzhen di Tiongkok dianggap tidak terlalu berbeda dengan Cikarang. Pembangunan Shenzhen dimulai dari tahun 1980 dan wilayah itu dahulunya hanyalah sebuah kampung nelayan. Tak pernah ada yang menduga kalau Shenzen dapat mengalami perkembangan semacam itu kencang.
Ketika ini Shenzen sudah dipenuhi oleh bermacam tipe bangunan dengan arsitek menawan serta gedung-gedung tinggi. Tak hanya itu, di Shenzen sudah banyak sekali fasilitas penyokong dengan teknologi dan layanan yang canggih. Hampir sama seperti Shenzen, Cikarang makin ke sini lama kelamaan menjadi sebuah kota yang semacam itu modern. Dapat dibilang wajah Cikarang sangatlah berbeda kalau dibandingi di tahun 1980-an dahulu.
Ketika ini malahan pemerintah kita sedang menganalisa Cikarang sebagai wilayah KEK. Diharapkan kalau Cikarang benar akan diciptakan KEK, maka diinginkan hal tersebut dapat memberikan banyak peluang bagi investasi yang ada di Indonesia. Kita dapat mengharapkan semakin banyak orang yang berharap berinvestasi di sektor hunian termasuk perumahan. Tentunya hunian di Cikarang tidak akan kalah dengan daerah lain seperti perumahan murah di Bekasi yang sama-sama dikaji untuk menjadi wilayah potensial bagi pembangunan KEK.