6 Langkah Detail Pembuatan Portacabin/ Portakabin/ Portakem

0
111
views
sumber: google.co.id

Berapa level yang diperlukan untuk mengatasi satu rancangan portacabin/ portakabin/ portakem? Pada hakikatnya, pembuatan unit portacabin menghabiskan waktu yang betul-betul singkat. Mulai dari perencanaan sampai pengisian furniture semuanya membutuhkan waktu sebagian minggu.

Inilah cara membuat portacabin/ portakabin/ portakem

1.            Planning

Secara visual portacabin mungkin berbeda dengan rumah tapak manual. Tetapi dari segi fungsional dan pengaturan ruangan, keduanya memiliki model yang sama. Supaya portacabin yang Anda buat menghadirkan rasa nyaman dan aman, lakukan perencanaan pembangunan dengan baik.

Tak cuma mengumpulkan dana atau budget yang diperlukan, buat juga desain portacabin dan siapkan berkas-berkas yang diperlukan. Tak kalah pentingnya adalah menyiapkan lokasi.

2.            Belanja bahan utama

Portakabin berbeda dengan rumah prefabrikasi biasa yang dibuat dari sandwich panel. Untuk membuat satu unit portakabin Anda patut menyiapkan kontainer bekas berkwalitas baik.

Pilih ukuran kontainer yang pantas dengan portakabin idaman Anda. Anda bisa membeli dua kontainer bekas untuk membuat rumah yang lebih megah. Jangan sampai persiapan lain telah dikerjakan tapi Anda masih belum mendapatkan kontainer yang baik.

3.            Sewa jasa arsitek

Kontainer modifikasi seperti apa yang Anda harapkan? Apa kontainer dengan desain unik atau simpel? Supaya rumah kontainer yang Anda buat menonjol indah dan fungsional, mintalah jasa arsitek untuk menggambar desainnya.

Selain membantu Anda menghasilkan hunian yang indah, jasa arsitek juga menambahkan komponen lainnya. Mereka mengutamakan kenyamanan, keamanan, kesehatan dan keselamatan penghuni rumah. Desain Portacabin yang dibuat tak sembrono asal gambar saja.

4.            Kenali material dinding kontainer

Ketika menjelang musim panas, rumah kontainer yang tak dibuat dengan baik bisa menyebabkan penghuninya dehidrasi karena kepanasan. Hindari keadaan tersebut dengan memakai cara isolasi pasif.

Selain memberikan masukan pada arsitek, usahakan dengarkan pula bimbingan dan rekomendasi mereka. Arsitek berpengalaman memiliki lebih dari pengetahuan yang Anda butuhkan untuk membuat portakem nyaman.

5.            Pasang atap, jendela dan pintu

Ingin tampilan atap yang tak biasa dari rumah kontainer portable Anda? Mintalah arsitek untuk merancang wujud atap yang unik. Alangkah bagusnya lagi jika atap tersebut bisa Anda buka dan tutup secara otomatis dari dalam rumah.

Untuk hasil optimal, disarankan memakai atap kayu. Kombinasi unik kayu dan besi akan menghasilkan visual yang otentik dari rumah kontainer Anda.

6.            Percantik komponen dalam kontainer

Ketika mempercantik ekstrior kontainer telah selesai, lanjutkan dengan mempercantik komponen dalamnya. Anda bisa mengecat dinding kontainer atau menambahkan furniture seperti daerah tidur, sofa dan sebagainya.

Buat rumah kontainer Anda senyaman mungkin untuk ditempati. Amati pula keperluan masing-masing penghuni jika Anda tak tinggal seorang diri.

Itulah hal utama yang patut Anda persiapkan sebelum membuat sebuah portacabin. Pengerjaannya mungkin tak selama pembuatan rumah tapak tapi tetap saja patut direncanakan dan diawasi. Sehingga portacabin/ portakabin/ portakem yang Anda buat menonjol indah dan nyaman untuk ditinggali.

Sumber: sanwaprefab.co.id