Hari Libur Juli 2019

0
115
views
sumber: google.co.id

Hari libur Juli 2019 nampaknya cuma menjadi milik para pelajar saja sebab pada minggu pertama masih masuk ke dalam level libur akhir semester. Bulan Juli tahun 2019 harusnya menjadi bulan di mana semangat untuk bekerja dan berkarya mulai membara kembali sesudah bulan sebelumnya banyak hari libur yang diperoleh.
Daftar Peringatan dan Hari Libur Juli 2019
Berikut ini ialah sebagian daftar peringatan dan hari libur yang terdapat di bulan Juli tahun 2019 mendatang.

  • Hari Bhayangkara
    Senantiasa dibuka dengan peringatan hari besar di setiap bulannya, termasuk setiap tanggal 1 Juli yang ialah peringatan hari Bhayangkara. Dulu, Bhayangkara ialah pasukan elit yang ada di jaman kerajaan Majapahit. Melainkan kini Bhayangkara ialah pasukan Kepolisian Nasional. Sedangkan tidak dibuat hari libur nasional, tapi peringatan hari Bhayangkara konsisten diperingati dengan semarak oleh semua lapisan masyarakat terlebih Kepolisian RI.
  • Hari Buah
    Tiap-tiap tanggal 1 Juli juga diperingati sebagai hari buah. Buah ialah salah satu organ pada tumbuhan yang berasal dari pertumbuhan bunga dan berfungsi untuk melindungi biji. Peringatan hari buah terkait dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan buah dalam kehidupan sebagai pemencar biji tumbuhan.
  • Hari Kelautan Nasional
    Indonesia ialah negara maritime dimana sebagian besar areanya terdiri dari laut yang lebih luas dari daratannya. Selain diterapkan sebaai jalur transportasi hingga jalur perdagangan, laut di Indonesia juga ialah zona mata pencaharian bagi penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Tidak heran sekiranya setiap tanggal 2 Juli selalu diperingati sebagai hari Kelautan Nasional. Memang tidak masuk ke dalam hari libur 2019 atau tahun berikutnya tapi terdapat banyak sekali perayaan untuk memperingati hari kelautan ini.
  • Hari Bank Indonesia
    Selanjutnya setiap tanggal 5 Juli juga diperingati hari Bank Indonesia. Bank Indonesia memiliki fungsi yang amat penting dalam sektor perekonomian negara ialah untuk mencapai serta menjaga kestabilan poin mata uang. Untuk kian menyadarkan dan menghargai performa Bank Indonesia, setiap tahunnya selalu diperingati hari Bank Indonesia.
  • Hari Satelit Palapa
    Kemudian ada pula peringatan Hari Satelit Palapa di setiap bulan Juli setiap tahun ialah pada tanggal 9 Juli. Hari peringatan ini bukan termasuk libur panjang 2018 tapi sebagai bentuk penghormatan serta penghargaan atas performa semua aspek untuk menjaga satelit telekomunikasi geostationer Indonesia ini.
  • Hari Koperasi
    Sementara setiap tanggal 12 Juli diperingati hari koperasi yang tidak termasuk ke dalam daftar libur kalender 2018 atau tahun sebelum dan sesudahnya. Pemilihan tanggal 12 Juli sebagai peringatan hari koperasi bertepatan dengan hari didirikannya koperasi sebagai salah satu gerakan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.
    Rupanya banyak pula peringatan hari besar yang terdapat di bulan Juli. Sedangkan tidak semua menjadi hari libur Juli 2019, tapi sudah selayaknya masyarakat konsisten menyongsong dan menyemarakkan peringatan sebagian hari besar di atas.

Sumber: hariliburnasional.com