Jenis-Jenis Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya

0
383
views
sumber: google.co.id

Pemanas air kini telah tak asing lagi di alat pendengar. Di negara tropis seperti Indonesia, sebelumnya pemanas air juga hanya dapat ditemukan di hotel atau penginapan. Akan tapi kini, telah banyak masyarakat rumahan yang menerapkan pemanas air. Pemanas air kekuatan sang surya juga lebih banyak diwujudkan opsi dibanding para pendahulunya ialah pemanas dengan kekuatan listrik atau gas. Terdapat beberapa alasan yang malatarbelakangi seperti lebih hemat tarif, lebih hemat kekuatan, lebih aman, sampai lebih mudah penggunaan serta perawatannya.
Tipe – jenis kolektor pemanas air kekuatan surya
Kolektor ialah salah satu bagian penting dalam rangkaian pemanas air. Kolektor memiliki fungsi yang sungguh-sungguh krusial ialah sebagai penyerap panas sinar sang surya. sinar sang surya ialah sumber panas utama. Jadi, eksistensi kolektor ini juga sungguh-sungguh penting. Berikut ini ialah jenis kolektor yang terdapat pada cara pemanas air kekuatan sang surya:
1. Kolektor flat
Tipe kolektor yang pertama ialah kolektor flat. Kolektor ini memiliki bentuk layaknya sebuah kotak atau box dengan ukuran yang cukup besar. Kolektor flat ditempatkan di atap rumah sebab ialah daerah strategis dalam menampung sinar sang surya. Kolektor flat dapat meresap dan menampung sinar sang surya sebab adanya lempengan berbahan kaca atau fiber jernih.
Di bawah lempengan tersebut barulah pipa-pipa disusun secara rapi untuk aliran air yang telah dipanaskan. Lempengan pada kolektor flat memang telah dilapisi dengan bahan isolator. Namun ini memiliki tujuan agar panas yang diresapi tak mudah tersebar atau hilang. Temperatur sayangnya, cara isolasi yang digunakan pada penampang kolektor flat memang belum sempurna. Saat panasnya sungguh-sungguh mudah keluar dan mudah berkurang drastis sebab beberapa hal salah satunya sebab faktor cuaca. Memandang ini, kolektor jenis ini telah sungguh-sungguh jarang digunakan sebab memang memiiki sisi kelemahan yang cukup signifikan.
– Kolektor tabung vacuum
Sampai performa kolektor flat yang tak mumpuni, para spesialis kemudian menemukan kolektor tabung vacuum di awal abad ke 21. Tidak kini, tabung vacuum ialah koletor yang paling banyak digunakan pada pemanas air kekuatan solar murah. Tabung vacuum ialah kolektor dengan cara penyerapan panas yang sungguh-sungguh sensitive atau kencang. Panas yang terserap menjadi sungguh-sungguh tepat sasaran dan efisien serta tak mudah keluar layaknya kolektor flat. Tabung vacuum memiliki dua tabung yang terbuat dari kaca dengan bahan bermutu tinggi.
Malahan hanya itu, kedua tabung kaca tersebut juga telah dilengkapi dengan pelapis yang mampu meresap kekuatan panas dengan optimal dan sempurna. Sehingga mampu membendung secara optimal cara kerja pembuangan temperatur panas. Namun ini dikarenakan adanya ruang hampa udara di antara dua lapisan tersebut.
Kedua tabung dengan lapisan khusus ini mampu meresap panas dengan baik di seluruh keadaan cuaca. ketika curah hujan tinggi sampai ketika bersalju sekalipun, tabung ini mampu meresap panas dengan sempurna. Namun ini dikarenakan bahan pembuat tabung pada solar water heater ialah pyrex. Bahan ini sungguh-sungguh baik dalam meresap panas sang surya lewat cara radiasi.
Dari kedua jenis kolektor pemanas air kekuatan surya di atas, dapat dikenal bahwa kolektor tabung vacuum ialah opsi yang paling pas. kerjanya lebih canggih dibanding kolektor flat dan panas yang diresapi juga lebih optimal.

 

Sumber: intisolar.com