Daftar 5 Instalasi Pelengkap Solar Water Heater

0
322
views
sumber: google.co.id

Instalasi komplementer solar water heater – Menyusul kemunculan pemanas air tenaga listrik dan gas, solar water heater yakni mesin pemanas paling hemat tenaga. Dalam pengerjaannya, pemanas ragam ini cuma membutuhkan sinar sang surya yang tersedia melimpah sebagai sumber tenaga utama. Penghematan tenaga ini dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya global warming.
Instalasi komplementer solar water heater yang patut dipasang
Dalam progres pemasangannya, pemanas air tenaga sang surya tak dapat berdiri sendiri. Mesin pemanas air ini membutuhkan dukungan dari beberapa ragam instalasi yang lainnya antara lain:
1. Pompa dorong
Apabila unit pemanas air tenaga sang surya diletakkan bukan pada water toren, maka pemasangan pompa dorong tak perlu dilaksanakan. Tapi jikalau pemanas air dengan tenaga surya diletakkan lebih tinggi dari sumber air yang berada di water toren, maka pompa dorong sebagai instalasi tambahan sangat diperlukan.
Pemberian pompa dorong dalam hal ini bertujuan untuk meningkatkan progres sirkulasi air bersih yang masuk ke dalam unit pemanas air tenaga sinar sang surya. Dengan seperti itu, air panas akan mampu keluar dengan deras dan kencang. Pompa dorong yang diperlukan cuma 100 hingga 125 watt saja tak lebih.
2. Pipa air panas
Isntalasi komplementer selanjutnya yakni pipa air panas atau yang lebih dikenal sebagai plumbing. Pemasangan pipa air panas sangat diperlukan pada bangunan yang sedang mengalami konstruksi bangunan yang ada pada tahap awal atau renovasi. Pipa air panas pada pemasangan pemanas air tenaga surya berfungsi sebagai sarana penyaluran air panas dari mesin pemanas menuju ke spot-spot keran penggunaan. Ragam pipa air panas yang ideal untuk digunakan asalah PPR atau Polyphopeline Random.
3. Pipa air dingin
Kecuali pipa air panas, instalasi komplementer yang juga diperlukan yakni pipa air dingin. Instalasi pipa ini sangat diperlukan untuk menyuplai kenutuhan air bersih yang diperlukan dari sumber air hingga ke alat pemanas air tenaga sang surya.
4. Rangka dudukan
Pengerjaan pemasangan pemanas air tenaga solar juga membutuhkan instakasi komplementer berupa rangka dudukan. Unit dudukan ini digunakan untuk menyangga unit pemanas air dengan tenaga surya jikalau lokasi unit pada genting tak memungkinkan. Genting yang kurang kokoh atau posisinya kurang ideal tak aman jikalau digunakan sebagai daerah pemasangan unit pemanas air. Untuk itu, eksistensi dudukan sangat diperlukan. Untuk wujud dan modifikasi dudukan dapat disesuaikan dengan ragam unit.
5. Kabel listrik
Terakhir, dalam pemasangan unit pemanas air memakai tenaga sang surya juga membutuhkan kabel listrik. Ini buka berarti unit ini menggunaan tenaga listrik sebagai sumber utama. Sumber tenaga utamanya yakni sinar sang surya. Hanya saja diperlukan kabel listrik untuk progres back up atau semacam tenaga cadangan. Ini akan bekerja jikalau sinar sang surya kurang maksimal dikala cuaca hujan.
produk lainnya, instalasi komplementer solar water heater atau pemanas air tenaga surya sangat diperlukan agar kinerja pemanas air tenaga surya dapat berjalan dengan lancar.

 

Sumber: intisolar.com