Cara Memasak Nasi Agar Pulen Dengan Rice Cooker

0
4802
views
sumber: google.co.id

Metode memasak nasi supaya pulen degan rice cooker perlu untuk dikenal. Padahal tampak sepele, namun nasi yang pulen akan memberikan rasa yang berbeda dikala dipadupadankan dengan lauk pauk. Nasi yang nikmat ialah nasi yang tidak terlalu lembek dan keras. Berikut kita sajikan kiat untuk memasak nasi yang pas supaya pulen dengan menggunakan rice cooker.
Metode memasak nasi supaya pulen dengan rice cooker
1. Jangan terlalu lama mencuci beras
Mencuci beras ialah langkah pertama yang wajib dilaksanakan. Kita mungkin sering kali mencuci beras sampai berkali-kali supaya bersih. Tetapi terlalu lama mencuci beras bisa membikin serat beras banyak yang sirna. Cucilah maksimal 3x saja. Metode mencucinya cukup dengan memasukkan beras ke wadah rice cooker dan kemudian tambahkan air. Aduk pelan-lahan dan membuang air yang kumal.
2. Takaran air yang pas
Metode membikin nasi pulen yang selanjutnya ialah memberikan takaran air yang pas. Bila terlalu banyak air, karenanya nasi bisa lembek. Untuk itu pastikan takaran beras dan air dengan perbandingan 1:2. Bila beras 1 gelas, karenanya airnya 2 gelas. Jangan lupa sungguh-sungguh mengevaluasi tersebut menggunakan ukuran gelas yang sama.
3. Tambahan bumbu extra
Bumbu tambahan berperan penting untuk membikin nasi yang nikmat. Bila mengharapkan nasi yang gurih, karenanya bisa ditambahan sedikit garam. Untuk hasil nasi yang wangi bisa ditambahkan dengan daun pandan. Pada beberapa tempat di Indonesia juga menggunakan beberapa tambahan rempah-rempah seperti daun bawang, serai, irisan bawang, sampai potongan cabai.
4. Amati waktu memasak
Metode memasak nasi dengan magic jar maupun dengan panci, perlu mengamati waktu. Tambahan kiat supaya nasi pulen ialah mengaduk nasi setelah nasi dimasak sekitar 20-30 menit. Metode itu perlu dilaksanakan untuk mengeluarkan uap air sehingga nasi tidak cepat basi. Metode lain supaya nasi tidak cepat basi ialah menambahkan jeruk nipis atau lemon. Caranya, potong jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian. Bila separuh potongan jeruk nipis untuk porsi satu liter beras. Jeruk nipis dan lemon mengandung anti kuman. Anti kuman ini bisa menghambat progres basi pada nasi. Perasan jeruk nipis atau lemon ini dikasih sebelum menekan tombol ‘cook’.
5. Memasak dengan porsi secukupnya
Memasak nasi lebih bagus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Padahal memasak terlalu banyak dan tidak seketika habis, nasi kian lama akan basah dan akan menjadi lebih cepat basi. Sayang bukan?
Memasak nasi yang pulen apalagi ditambah dengan rasa gurih atau aroma yang khas bisa menambah selera makan. Apa memasak nasi tampak sepele, namun progres yang beda dalam memasak membikin hasil yang berbeda juga. Itulah tadi cara memasak nasi supaya pulen dengan rice cooker. lauknya, semua akan nikmat dengan nasi yang nikmat. Selamat mencoba!

 

Sumber: wahanasuperstore.com