Bagaimana Cara Cari Solar Water Heater Hemat Listrik

0
134
views
sumber: google.co.id

Cara cari water solar heater hemat listrik yakni salah satu informasi yang banyak diakses oleh masyarakat dikala ini. Pemanas air bertenaga surya memang mengaplikasikan sinar matahari sebagai sumber daya utama dalam penggunaannya. Namun, pemakaian kolektor listrik konsisten dilakukan. hal ini untuk mengantisipasi seandainya curah sinar matahari kurang memenuhi. Seumpama saja dikala curah hujan tinggi atau cuaca tak jarang mendung. Di dikala seperti ini, tentu penyerapan sinar matahari tidak bisa terjadi maksimal.
Tips sistem Cari Solar Heater Hemat Listrik
Melanjutkan problem di atas, kolektor listrik perlu dipasang agar pemenuhan kebutuhan air panas tidak mengalami kendala. Walaupun memang masih mengaplikasikan kolektor listrik, melainkan pemakaian pemanas air daya surya masih jauh lebih hemat dibandingi pemanas air daya listrik atau gas. Jika pemanas air listrik atau gas, selama 24 jam penggunaannya bertumpu pada daya listrik atau gas. Walaupun solar water heater hanya memerlukan suplai atau gas di dikala tertentu saja.
Sebab keadaan yang demikian, ada baiknya bagi yang hendak memasang pemanas air daya surya memilih prodk yang tepat. Ideal dalam arti mengaplikasikan pemanas air bertanaga surya yang tidak memakan daya listrik terlalu banyak alias hemat daya. Untuk bisa memilih pemanas air daya surya yang tepat, amati beberapa hal yang bisa dihasilkan sebagai parameter berikut ini.
• Kapasitas tangki
Hal pertama yang perlu dipandang yakni kapasitas tangki. Semkin besar kapasitas tangki karenanya kian kecil pemakaian back up heater. Jika kenutuhan air panas dalam keluarga sekitar 80 liter, amak sebaiknya aplikasikan tangki dengan kapasitas 100 hingga 150 liter. Pertimbangkan pula jumlah member keluarga yang ada di rumah. Jika pada masa akan datang jumlah member keluarga bertambah, karenanya sebaiknya pakai tangki dengan kapasitas yang besar.
• Amati sistem kerja pemanas air daya surya
Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan yakni sistem kerja unit pemanas air bertenaga matahari. terdapat dua jenis sistem kerja unit pemanas air yakni direct dan indirect. Pada sistem direct, pelaksanaan pemanasan air akan benar-benar cepat dan harga unitnya juga lebih terjangkau dibanding indirect. Namun sayangnya pada sistem direct suhu air akan lebih cepat turun. Berbeda dengan sistem indirect yang pencapaian suhu panasnya lebih rendah melainkan ketahanan air panas jauh lebih lama. Solar water heater dengan sistem kerja indirect memerlukan biaya yang lebih tinggi melainkan lebih tepat sasaran.
• Teknologi kolektor
Terakhir, amati teknologi kolektor yang mensupport kinerja sistem pemanas air daya matahari. Terdapat dua jenis kolektor yakni kolektor tabung atau kolektro flat atau datar. Kolektor tube atau tabung dilengkapi dengan 2 lapisan dan 3 lapisan. Walaupun kolektor flat bisa dipandang dari kombinasi warna yakni hitam atau biru. Jika dibandingi, kolektor tabung yakni kolektor yang cakap menghasilkan suhu yang lebih tinggi. Temperatur yang tinggi bisa menghemat air dan listrik.
Demikianlah ulasan dan penjelasan detil seputar sistem cari solar water heater hemat listrik yang gampang dilakukan. Jika berhasil menemukan dan mengganti unit pemanas air yang hemat daya, karenanya tidak hanya bisa berhemat pengeluaran melainkan juga mensupport gerakan hemat daya untuk kelestarian bumi.

 

Sumber: intisolar.com