5 Tips Memasang Pemanas Air Tenaga Surya Dari Ahlinya

0
28
views
sumber: google.co.id

Untuk beberapa tips untuk menginstal pemanas air tenaga surya mungkin tidak diperlukan karena bantuan teknisi yang ahli. Namun, tips ini masih penting untuk memahami jika sewaktu-waktu Anda ingin menginstal sebuah pemanas air tanpa bantuan teknisi atau independen. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.
Tips untuk menginstal pemanas air surya

  1. Siapkan ventilasi bila menggunakan gas
    Saat ini, ada banyak jenis pemanas yang dapat Anda temukan dan menggunakannya di rumah Anda. Jika Anda kebetulan ingin menggunakan pemanas dengan energi listrik, pastikan untuk ventilasi kamar mandi Anda. Pemanas air juga sebainya ditempatkan di luar ruangan. Hal ini untuk menghindari gas yang dapat meledak jika di ruangan tertutup dan juga tidak memiliki sirkulasi udara yang memadai.
  2. Pastikan penempatan
    pemanas air surya pasti menggunakan panas matahari sebagai sumber energi untuk air panas. Jadi, jika Anda memilih untuk menggunakan pemanas dengan tenaga surya, lebih baik jika Anda meletakkannya di luar ruangan. Terutama di tempat-tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh, misalnya di atap. Hal ini berguna untuk memaksimalkan penyerapan energi sehingga air bisa berubah menjadi air panas.
  3. Saluran air panas
    Untuk rumah dengan konsep modern biasanya memiliki garis air panas sehingga jika Anda ingin menggunakan pemanas air surya hanya perlu menginstalnya. Tapi jika Anda tidak memiliki garis air panas, maka Anda perlu membuat saluran ini pertama.
    Hal yang dapat dilakukan ketika membuat instalasi garis air panas adalah pipa air yang digunakan. Pipa air adalah pipa air khusus memang akan digunakan untuk memasok air panas. pipa khusus untuk pipa pembuangan air panas biasanya juga jenis tahan panas dan juga tahan lama untuk saluran air dengan suhu tinggi.
  4. Miringkan panel surya
    Komponen dalam pemasangan pemanas air tenaga surya yang penting adalah panel surya. Panel surya ini berfungsi untuk menyerap matahari energi panas untuk disimpan dan juga digunakan untuk air panas. Dalam instalasi panel surya ini harus memiliki kemiringan sekitar 10-20 derajat ke pesawat. Jadi panel surya tidak harus dipasang di flat untuk diberikan. Hal ini memungkinkan energi sinar matahari dapat dengan mudah ditangkap dan disimpan.
  5. Bantuan teknisi
    Tips untuk menginstal pemanas air tenaga surya yang terakhir yaitu dengan menggunakan bantuan teknisi untuk proses instalasi. Hal ini sangat penting jika Anda kurang mampu dan kurang percaya diri dengan instalasi. Selain itu dengan bantuan teknisi ahli juga akan lebih menjamin keamanan instalasi pemanas air matahari. Anda dapat meminta bantuan langsung dari teknisi atau toko-toko khusus merek.

Sumber: intisolar.com