5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membeli Alat Pemanas Air

0
143
views
sumber: google.co.id

Alat pemanas air daya surya memang dibutuhkan bagi beberapa orang yang disediakan di kamar mandi. Bagi yang mau membelinya, sebelum membawa pulang ke rumah agar tak menyesal nantinya, perhatikan 5 hal berikut.
Hal penting yang perlu dilihat dikala beli pemanas air

  1. Ada tidaknya suhu konstan
    Saat membeli pemanas air karenanya jangan lupa untuk memandang apakah alat atau mesin tersebut memiliki suhu konstan maupun yang berubah. Pemanas air yang memiliki suhu tetap dapat menghemat waktu dikala akan mandi karena tak perlu repot untuk menyesuaikan suhu air tersebut dengan kulit tubuh.
  2. Pilih pemanas air solar/ sang surya dibandingi ragam lainnya
    Perlu dikenal bahwa ada beberapa ragam pemanas air yang dipasarkan di pasaran. Seperti ada yang memakai listrik, pemanas yang memakai gas, listrik tanpa tabung serta ada yang memakai daya surya. Walaupun paling murah diantara ragam tersebut adalah yang memakai gas dengan kekurangannya sepatutnya mengganti gas jika sudah habis. Maka pemanas air yang memakai listrik akan meningkatkan biaya tagihan listrik sehingga tak direkomendasikan untuk rumah dengan skala listrik kecil.
    Solusi bagi yang mau menghemat listrik dapat memakai pemanas air bertenaga surya, tetapi tentu saja dengan harga yang lumayan besar tetapi ramah untuk lingkungan. Kecuali pilihlah water heater solar terbaik.
    Kalau itu, hal yang ikut serta mempengaruhi pemilihan ragam pemanas air adalah lokasi rumah atau hunian. Kenal tinggal di daerah yang bersuhu tinggi contohnya di kota, karenanya dapat memakai pemanas air surya. Alasannya karena waktu yang dibutuhkan tak lama untuk menerima air panas.
  3. Berikutnya spesifikasi
    Kalau jangan lupa untuk membaca spesifikasi dari pemanas air tersebut bagus untuk water heater daya surya maupun ragam yang lain. Ada indikator hemat daya simbolnya EF yang berkisar mulai 0,5 sampai 2,0. Kenal dicantumkan EF-nya lebih tinggi karenanya daya kian hemat. Sehingga perlu dibandingi antara satu produk dengan produk yang lainnya.
  4. Berikutnya kapasitasnya
    Kalau juga perlu dikenal kapasitas dari pemanas air tersebut karena nantinya jumlah air yang diterapkan perlu disesuaikan dengan kapasitas yang sudah diatur. Walaupun, dibutuhkan pemanas air yang memiliki kapasitas minimal 50 liter untuk bathub 1 orang dan sebanyak 80 liter untuk 2 orang. Maka jika kamar mandinya memakai shower yang akan diterapkan oleh 2 orang, karenanya perlu diterapkan pemanas air dengan kapasitas 15 liter.
  5. Berikutnya biaya pemasangan
    Sebaiknya pengerjaan pemasangan pemanas air sang surya diserahkan kepada ahlinya sehingga perlu ditanyakan dikala membeli pemanas air apakah pengerjaan pemasangannya dikenakan biaya tambahan atau tak. Kalau itu juga sepatutnya dikenal bahwa pipa pemanas air tersebut dihitungnya tiap meter sehingga jika mau membeli kenal dahulu panjang pipa yang dibutuhkan serta tanyakan harganya.
    Sekian tulisan seputar 5 hal yang penting dilihat jika mau membeli alat pemanas air seperti pemanas water heater solar terbaik.

Sumber: intisolar.com